Warner Bros. dan Universal Pictures Siap Melawan Dominasi Disney

Warner Bros. dan Universal Pictures Siap Melawan Dominasi Disney

Warner Bros. dan Universal Pictures Siap Melawan Dominasi Disney

Disney menguasai box office 2019 dengan keuntungan mencapai $41 miliar dollar di seluruh dunia.

07 January 2020, 07:05

Disney sangat berjaya pada 2019 dan sukses mendapatkan banyak keuntungan berkat 10 film yang dirilis. Bahkan 5 film yang meraup keuntungan tertinggi pada 2019 datang dari Disney, yaitu Avengers: Endgame ($ 2 miliar dollar), Lion King (1$ 1,6 miliar dollar), Frozen 2 ($ 1,2 miliar dollar), Spider-Man: Far From Home ($ 1,1 miliar dollar), dan Captain Marvel ($ 1,1 miliar dollar). Meskipun Spider-Man: Far From Home merupakan hasil kerjasama Disney dan Sony, tetap saja hal itu membuktikan bahwa Disney mampu membuat satu kisah yang mencuri perhatian.

IMDB

Secara garis besar, ada 9 film Disney yang masuk menjadi 20 film terlaris di 2019, film Star Wars: The Rise of Skywalker bahkan masih punya peluang untuk menambah pundi-pundi uang bagi Disney di awal tahun 2020. Warner Bros. hanya sumbang 2 film, Joker dan IT: Chapter 2, sedangkan Universal Pictures menyumbang 3 film, Hobbs & Shaw, How To Train Your Dragon 3, dan Life of Pet 2, di daftar itu.

Di seluruh dunia Disney memperoleh untung sebesar $41 miliar dollae. Di Amerika bagian utara saja, Disney bahkan sukses mendapatkan untung terbanyak pada 2019, yaitu $ 11 miliar dollar. Sementara, Warner Bros. berada di posisi kedua dengan penghasilan sebesar $ 4 miliar dollar dan Universal Pictures di posisi ketiga dengan keuntungan $ 3 miliar dollar. Padahal, Disney hanya merilis 10 film, sementara Warner Bros. dan Universal Pictures masing-masing merilis 20 dan 17 film.

Memasuki 2020, Disney sepertinya siap untuk kembali mendominasi box office dunia dengan film-film keren yang akan dirilis. Terlebih lagi, Disney kini memiliki Disney+ yang siap menarik perhatian masyarakat di dunia digital streaming dan menyaingi Netflix serta HBO dan Amazon. Tapi, apakah laju Disney di 2020 akan semulus 2019? Sepertinya tidak!

IMDB

Warner Bros. siap untuk merilis banyak film blockbuster pada 2020. Ada setidaknya dua film adaptasi DC Comics yang siap rilis dan menarik perhatian, yakni Birds of Prey dan Wonder Woman 2. Film pertempuran monster paling epik, Godzilla v Kong, juga siap rilis pada 2020. Tenet dan Dune juga siap untuk memanjakan mata penonton dengan kisah laga yang menarik.

Disney pun selama ini tidak pernah membuat film horor dan Warner Bros. siap untuk mencuri pundi-pundi keuntungan Disney melalui film The Conjuring 3. Dari lini animasi, Warner Bros. punya Scoob! yang akan menampilkan petualangan seru Scooby Doo dan kawan-kawan di layar lebar. Namun, Disney punya segudang amunisi dari industri film animasi berkat banyaknya studio yang tersedia. Jadi, mungkin Warner Bros. masih akan kalah di sisi ini.

Berbeda dari Warner Bros., Universal Pictures tidak akan merilis banyak film pada 2020. Hanya ada dua yang siap untuk mencuri perhatian, yakni Dolittle yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan Fast & Furious 9. Dari segi film live-action, Universal Pictures mungkin tidak akan mengalahkan dominasi Disney dan Warner Bros., tapi banyak animasi keren yang akan mereka rilis pada 2020.

IMDB

Ada Trolls World Tour, Minions: The Rise Of Gru, dan The Croods 2 yang siap memanjakan mata di 2020. Semuanya merupakan sekuel dari film-film yang dahulu pernah menjadi box office dan dicintai banyak orang di seluruh dunia. Dengan mengangkat film-film sekuel, tentu Universal Pictures berharap bisa menyaingi film-film animasi Disney yang saat ini juga telah mengakuisisi 20th Century Fox.

Tahun depan, 2021, Disney juga sepertinya harus bersiap-siap untuk dijegal oleh Warner Bros. dan Universal Pictures. Sebab, Warner Bros. siap merilis tiga film superhero, yakni The Batman, The Suicide Squad, dan Black Adam. Ada pula sekuel dari film klasik yang tentunya menaeik bagi banyak orang, yakni Space Jam 2 dan The Matrix 4. Franchise Fantastic Beast juga siap untuk diteruskan pada 2021.

IMDB

Belum banyak proyek 2021 yang diketahui dari Universal Pictures. Namun, ada setidaknya dua film yang akan mencuri perhatian, yakni Jurrasic World 3 dan Fast & Furious 10. Dari dua film itu saja, Universal Pictures sepertinya sudah bisa mendapat lebih banyak untung pada 2021 ketimbang 2019.

Namun, kembali lagi, Disney+ saat ini mulai diminati oleh banyak orang. Ada serial-serial MCU yang telah dinanti-nanti oleh banyak orang. Sepertinya, masa kejayaan MCU pun belum akan berakhir dalam waktu dekat. Artinya, biarpun box office Disney pada 2020 dan 2021 tidak sebesar 2019, mereka bisa menguasai industri digital streaming.

Nutshell:
Disney mendominasi box office dunia dengan keuntungan sebesar $ 41 miliar dollar pada 2019 dan mengalahkan dua perusahaan raksasa pesaing, Warner Bros. d

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment