Us - Review

Us - Review

Reviews - Us - Review

Doppelgänger invasion!

20 March 2019, 18:22

Saat membaca teks narasi yang membuka Us, kita langsung bisa tahu jika sutradara dan penulis naskah Jordan Peele akan memberikan sesuatu yang tak biasa dan tak terduga di film ini. Saat kemudian giliran opening credits yang muncul dengan diiringi musik disturbing dari Michael Abels, kita juga langsung sadar jika Peele akan menyajikan sesuatu yang menyeramkan.

Suami-istri, Gabe (Winston Duke) dan Adelaide (Lupita Nyong'O), bersama dua anaknya, Zora (Shahadi Wright Joseph) dan Jason (Evan Alex), pergi berlibur ke rumah musim panas mereka. Namun saat Gabe mengajak mereka bersantai di pantai Santa Cruz, Adelaide merasa sangat tak tenang karena tempat tersebut mengingatkannya pada sebuah trauma dari masa kecilnya. Kekhawatiran Adelaide pun terbukti, malam harinya mereka diteror sekelompok orang yang tiba-tiba muncul di halaman mereka, yang misteriusnya, para peneror tersebut memiliki wajah yang sama persis dengan Gabe, Adelaide dan anak-anaknya.

Mimpi buruk tentang keberadaan dan teror dari doppelgänger memang bukan sesuatu yang baru lagi, tapi ide cerita Peele untuk film ini tetap terasa sungguh brilian. Elemen misterinya yang begitu kuat dapat langsung terasa sejak menit-menit awal, terus membuat penasaran hingga menit-menit akhir, meski tak banyak petunjuk atas apa yang sebenarnya terjadi. Menyisakan sedikit ruang bagi penonton untuk menginterpretasikan sendiri apa yang sebenarnya terjadi juga cukup efektif membuat bagian klimaksnya yang mengejutkan menjadi semakin powerful.

Cukup terasa ada begitu banyak alegori terhadap kondisi sosial masyarakat di Amerika Serikat, termasuk disfungsi dalam sebuah keluarga hingga bagaimana masyarakat seharusnya berkaca pada diri mereka sendiri. Ada juga banyak referensi di dalamnya yang cukup membuat penasaran dan seperti sengaja tak dijelaskan dengan lengkap, dijamin akan membuat kita melakukan sedikit riset untuk mencari tahu artinya setelah selesai menonton.

Dengan ide cerita yang sudah sangat solid, hebatnya lagi, Peele pun mampu mengemasnya jadi sajian horor yang komplet. Konsistensi atmosfernya yang mencekam bisa dijaga dengan baik sepanjang film, sehingga rasa mengusik yang ditimbulkannya pun mampu menyentuh hingga ke sisi psikologis. Berkolaborasi dengan sinematografer Mike Gioulakis, Peele memainkan sudut pengambilan gambar dan pencahayaan memikat yang membuat arah datangnya teror dari para kembaran jadi tak tertebak dengan mudah. Tapi di antara intensnya adegan demi adegan, Peele pun masih mampu menyelipkan adegan sadis yang fun dan komedi dark dengan penempatan dan proporsi yang pas.

Divisi akting pun tak ketinggalan turut memberikan topangan yang kokoh pada film ini. Nyong'O sukses memberikan salah satu penampilan terbaik dalam kariernya. Rasa paranoidnya dalam menghadapi teror dapat tersalurkan dengan baik ke penonton, sehingga kita seperti dapat ikut merasakannya. Saat Peele fokus pada ekspresi ketakutannya, penampilannya pun terlihat begitu meyakinkan. Sementara saat berperan sebagai sang antagonis, Nyong'O tanpa kesulitan bisa bertransformasi menjadi terlihat begitu menyeramkan. Di sisi lain, beberapa kali Duke bisa memberikan sedikit kesegaran dengan mulus lewat gurauan dan penampilannya yang konyol. Dua pemeran anak-anak, Wright Joseph dan Alex pun layak diacungi dua jempol karena keluwesannya dalam memainkan dua karakter yang kontradiktif sekaligus.

Setelah membuktikan kehebatannya di film kedua, jika Get Out bukan sekadar beginner's luck, kini tantangan besar menanti Peele. Apakah ia akan lanjut di horor, semakin menobatkannya sebagai spesialis horor dan membuat orang semakin lupa dengan latar belakang komedinya? Atau, justru saatnya ia bergerak ke genre lain dan membuktikan diri sebagai sutradara yang komplet? Rasanya menarik ditunggu. Krishna Mahendra

Nutshell Ide tentang teror doppelgänger yang brilian dan ditampilkan dengan atmosfer yang begitu mencekam dan mengusik di sepanjang film. Peele semakin membuktikan talentanya sebagai penulis dan sutradara yang luar biasa, sementara Nyong’O memberikan salah satu penampilan terbaik dalam kariernya.

Rating R Director Jordan Peele Screenplay Jordan Peele Cast Lupita Nyong'O, Winston Duke, Evan Alex, Shahadi Wright Joseph, Elisabeth Moss, Tim Heidecker, Yahya Abdul-Mateen II, Anna Diop, Madison Curry Running time 116 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment