Unsolved Mysteries, Sajian Dokumenter Thriller Menarik Di Netflix

Unsolved Mysteries, Sajian Dokumenter Thriller Menarik Di Netflix

Reviews - Unsolved Mysteries, Sajian Dokumenter Thriller Menarik Di Netflix

Docudrama terbaru dari Netflix yang mengangkat popularitas thriller docudrama dari series 80an

15 July 2020, 07:05

Netflix baru-baru ini membuat ulang serial docudrama legendaris Unsolved Mysteries. Serial dokumenter yang dipandu oleh Robert Stack menjadi salah satu andalan dokumenter baru produksi Netflix yang cukup banyak mendulang penonton dari seluruh dunia. 

Diangkat dari kasus-kasus nyata yang terjadi di dunia, Unsolved Mysteries mengajak kita mengetahui kisah-kisah menyeramkan dari seluruh dunia, seperti meninggalnya sebuah keluarga di kota kecil di Prancis secara misterius, kemudian penampakan UFO di Berkshire, dan banyak lagi lainnya. 

Semenjak pertama kali ditayangkan di tahun 1988, serial docudrama ini banyak mendapatkan perhatian penggemar televisi karena kasus-kasus yang diangkat merupakan kasus nyata yang telah lama menjadi misteri. John Cosgrove dan juga Terry Dunn mencoba mengangkat kembali serial ini setelah selama ini keduanya membuka sebuah website dimana pengunjung bisa membagikan unsolved mysteries mereka sendiri, hal ini kemudian menjadi sesuatu yang sangat menarik setelah cukup banyak yang memberikan input. 

Cosgrove telah mengatakan bahwa serial ini akan berlanjut dengan season kedua atau batch kedua dari kasus-kasus yang pernah mereka terima, dan beberapa di antaranya sangat membuat mereka kebingungan sehingga ingin mengangkat menjadi sebuah episode utuh. 

Unsolved Mysteries menggunakan elemen narasi yang kuat, encounter dengan beberapa pelaku serta orang-orang yang terlibat dalam kasus yang dibicarakannya, dan juga mengajak penonton untuk melihat kembali lokasi-lokasi kejadian aneh tersebut. 

Berbeda dengan documentary biasa, penonton tidak diberikan ruang visual yang kuat, melainkan hanya siluet dan terkadang permainan analogi yang kuat, sehingga memberikan kesempatan bagi penonton untuk membuat theatre of mind-nya sendiri. Barangkali hal ini yang telah ikut membantu melejitkan popularitas serial yang aslinya dirilis di dekade 80an ini. 

Ada kengerian yang berbeda, ketika kita disuguhkan narasi yang kuat dari orang-orang yang terlibat dengan kasus tersebut, dan juga gaya visual yang memberikan kesempatan bagi pikiran penonton untuk menciptakan dimensinya sendiri. 

Unsolved Mysteries adalah tontonan yang mengasyikkan dan sedikit berbeda, menawarkan thrill yang juga berbeda di tengah elemen-elemen drama serta percintaan yang akhir-akhir ini banyak mewarnai content Netflix. 

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment