Selain Gundala, 5 Superhero Indonesia Ini Layak Diadaptasi Ke Layar Lebar

Selain Gundala, 5 Superhero Indonesia Ini Layak Diadaptasi Ke Layar Lebar

Selain Gundala, 5 Superhero Indonesia Ini Layak Diadaptasi Ke Layar Lebar

Mulai dari Godam hingga Tira ada di daftar ini.

05 July 2019, 07:05

Setelah film-film adaptasi komik menjadi populer di Hollywood, sineas Indonesia pun mulai tertarik untuk mengikuti tren tersebut. Seperti diketahui, Joko Anwar saat ini tengah menangani proyek film Gundala yang akan tayang pada pertengahan tahun ini, sedangkan sutradara Timo Tjahjanto menangani film Si Buta dari Goa Hantu.

Sejak era '50an, Indonesia sebenarnya sudah punya banyak komik superhero yang ternama. Selain Gundala dan Si Buta Dari Goa Hantu, kira-kira siapa lagi ya yang pantas untuk diadaptasi ke layar lebar?

Godam

Bumi Langit

Godam pada dasarnya adalah sebuah planet miskin yang dipimpin oleh ratu tiran bernama Ratu Chandalani. Sepasang suami-istri pemberontak mulai melakukan perlawanan. Sayangnya, mereka gagal dan harus kabur dari kejaran tentara Chandalani.

Saat kabur, sang istri melahirkan seorang anak bernama Godam yang diproyeksikan akan menjadi harapan baru bagi para pemberontak. Benar saja, saat dewasa Godam menguasai berbagai jenis bela diri serta mendapat bantuan dari Dewi Pengasuh Sukma, sosok bijaksana yang memberi kostum sakti dan jubah terbang.

Karena Godam tak mampu dengan baik mempergunakan kekuatan supernya, Dewi Pengasuh Sukma marah dan ia dikurung dalam sebuah cincin sakti yang diberikan pada Bapa Kebenaran di Bumi. Seorang supir truk bernama Awang pada akhirnya mewarisi kekuatan Godam. Karena itu, meski tampilan kostum Godam mirip seperti Superman, kekuatan serupa seperti Green Lantern. 

Sepertinya dalam waktu dekat tokoh ini akan diangkat ke layar lebar, mengingat di film Gundala anak dari Cecep Arif Rahman, Faris Fadjar, akan memerankan tokoh Awang muda. Toh, kisah Godam sudah cukup populer di kalangan pecinta komik Indonesia.

Sri Asih

Bumi Langit

Di era '50an tidak mudah membuat komik-komik superhero yang terinspirasi dari komik Amerika. Karena itu, R.A Kosasih sengaja mengadaptasi kisah Srikandi dari pewayangan Jawa saat membuat komik Sri Asih.

Sri Asih diceritakan memiliki nama asli Nani Wijaya. Mirip seperti Shazam, Nani akan berubah dan mendapat kekuatan super dengan cara berteriak 'Dewi Asih'. Kekuatan yang didapat pun cukup banyak, mulai dari menggandakan diri, memperbesar tubuh, hingga anti-peluru dan bisa terbang.

Pada era '50an, tokoh ini sempat diadaptasi ke layar lebar oleh sutradara Turino Djunaedy dan Sri Asih dibintangi oleh Mimi Mariani. Dalam komik, tokoh Sri Asih adalah anggota di tim Patriot bersama Gundala. Jika memang film Gundala akan menjadi sebuah jagad baru ala MCU, ada baiknya kisah Sri Asih diangkat ke layar lebar. Merpati, teman baik Sri Asih dalam komik, juga akan muncul diperankan oleh Tara Basro di film Gundala.

Mandala

Bumi Langit

Tak lengkap rasanya jika bicara tentang Si Buta dari Goa Hantu tanpa kehadiran Mandala. Tokoh ini diceritakan sebagai anak dari Nyi Nara Sati, Ratu Siluman Buaya Putih. Merasa tidak suka dengan pribadi sang ibu yang jahat, Mandala dewasa melarikan diri dari Negeri Siluman guna menemui sang paman, Batara Si Pendekar Lengan Tunggal.

Bersama sang paman, Mandala belajar hidup sebagai pendekar yang terus berjuang membela kebenaran. Ia akhirnya menguasai silat dan jurus tenaga dalam Gelombang Batu Karang. Ia pun piawai menggunakan senjata tajam, seperti tombak, pedang, dan golok.

Dalam komik, Mandala sering sekali berkelana di daerah hutan hujan Indonesia bersama Si Buta dari Goa Hantu. Karena saat ini sutradara Timo Tjahjanto sedang menggarap film Si Buta dari Goa Hantu, mungkin Mandala adalah tokoh selanjutnya yang diadaptasi.

Aquanus

Bumi Langit

Siapa Aquaman-nya Indonesia? Tentu saja ia adalah Aquanus, seorang pria bernama Dhanus dari planet Zyba. Dalam komik diceritakan bahwa planet Zyba dijajah oleh bangsa Burbur dan Dhanus pun dikirim ke Bumi oleh orang tuanya. Karena bukan orang Bumi, Dhanus memiliki tubuh bak hewan amphibi yang mampu bertahan hidup di darat dan air.

Ketika dewasa, Dhanus menjelma menjadi pahlawan super bernama Aquanus. Ia juga terkenal karena ikat pinggang saktinya yang  juga mampu menembakkan sinar pelangi mematikan (aneh sih, tapi memang begitu). Kerennya, Aquanus adalah sosok yang menginisiasi terbentuknya tim superhero Patriot.

Jika para jagoan Avengers di MCU memiliki Avengers Tower, Patriot juga memiliki markas tersendiri di kediaman Aquanus, yakni Teluk Berhala. Di sini lah para Patriot menyimpan semua pusaka sekaligus rapat dalam menyusun berbagai siasat untuk mengalahkan para penjahat.

Memanfaatkan banyaknya perairan indah di Indonesia, Aquanus sepertinya bisa dengan mudah diadaptasi ke layar lebar. Terlebih lagi, sekarang perairan Indonesia sedang sering diinfiltrasi oleh nelayan-nelayan asing dan film Aquanus bisa mengangkat topik ini. Tapi, sepertinya ikat pinggang sakti Aquanus tidak perlu deh diangkat ke layar lebar.

Tira

Bumi Langit

Indonesia punya tokoh superhero yang tak kalah keren dari Batgirl dari DC Comics. Ia adalah Tira, seorang jagoan cerdas yang selalu bertarung dengan berbagai senjata berteknologi tinggi. Nama asli Tira adalah Susie dan ia adalah seorang mahasiswi cerdas yang juga mencintai ilmu bela diri.

Selain cerdas dan kuat, Tira juga mendapat kekuatan supranatural dari 9 Siluman Naga yang ditemuinya. Jika berhasil menenangkan pikiran, 9 naga tersebut akan keluar dan membantu Tira mengalahkan musuh-musuhnya.  

Tira adalah jagoan yang unik karena meski memiliki berbagai teknologi mutakhir, ia tetap memancarkan unsur klenik khas Indonesia. Sosok Tira pun masih sangat muda dan kisahnya tentu bisa memikat pasar, khususnya remaja Indonesia.

Nutshell:

Selain Gundala dan Si Buta dari Goa Hantu, ada banyak superhero asli Indonesia yang layak diadaptasi ke layar lebar. Ini adalah 5 superhero yang paling ternama dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment