Review: Onward

Review: Onward

Reviews - Review: Onward

Disney dan Pixar kembali berhasil menghadirkan sebuah karya animasi keluarga yang hangat dan penuh dengan petualangan magical seru yang akan sangat sayang untuk dilewatkan.

12 March 2020, 15:05

Disney dan Pixar kembali bekerja sama dalam meluncurkan sebuah karya animasi. Masih seperti film-film sebelumnya, Pixar berhasil menghadirkan sebuah film animasi hangat yang sangat cocok untuk dinikmati oleh keluarga. 

Onward bercerita tentang dua kakak-beradik bernama Ian Lightfoot (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt) yang menjalani perjalanan magical dalam untuk menghidupkan kembali ayahnya. Ian dan Barley dikisahkan hidup di dunia fantasy sub-urban yang menggabungkan kehidupan era modern nan canggih penuh teknologi dengan era dongeng di mana sihir masih bisa berfungsi. 

Onward

Sebagai sebuah film keluarga, Onward berhasil mengukir sebuah jalan cerita unik yang mengedepankan tokoh anak laki-laki. Pixar mungkin sudah pernah melakukan hal serupa dengan Coco namun Onward mengambil sisi lain yang sebelumnya tak tersentuh, yakni persahabatan dan kekeluargaan antara anak laki-laki pertama dan kedua. Tema utama cerita yang dipilih terbilang cukup unik dan berhasil disampaikan dengan apik oleh kekuatan karakter Ian dan Barley. Ian dan Barley adalah dua saudara yang sangat berbeda 180 derajat. Barley merupakan seorang pemberani, ceroboh, dan sangat mencintai dunia sihir. Sementara itu adiknya, Ian, tumbuh menjadi seorang anak penakut, introvert, dan kurang percaya diri. Ketika keduanya menjalani sebuah perjalanan untuk menyelesaikan quest, maka keseruan pun hadir silih berganti sepanjang film.

Kesuksesan Onward tak bisa lepas dari peran dua pengisi suara utamanya, Tom Holland dan Chris Pratt. Keduanya menghadirkan sebuah chemistry kuat yang membuat film berjalan dengan sangat menyenangkan. Sutradara sekaligus penulis naskah Dan Scanlon juga sangat hebat dalam meramu dialog-dialog mengena hati serta lawakan-lawakan kecil yang sukses membuat film berjalan dinamis. Sesekali Dan juga menghadirkan drama-drama keluarga yang dipastikan menghangatkan hati para penontonnya. 

Onward mungkin bisa dikatakan bukan sebuah karya terbaik dari Pixar. Akan tetapi film ini tetap menjadi sebuah film wajib tonton karena ceritanya yang sangat menarik dan mengajarkan banyak hal tentang keluarga dan persahabatan. 

Onward

Sayangnya, Onward pun bukan berarti film yang sempurna di mata saya. Konsep dunia fantasi gabungan dua era terasa kurang pas dengan hadirnya karakter-karakter yang tidak masuk akal. Ambil saja contoh Colt Bronco (Mel Rodriguez), yang merupakan seorang polisi sekaligus pacar dari ibu Ian dan Barley dengan perawakan manusia setengah kuda atau centaur. Dalam beberapa adegan, Bronco diceritakan mampu mengendarai mobil dengan perawakannya yang sangat mustahil bisa mengendalikan roda empat. Padahal di satu sisi, Pixar terlihat semakin hebat dalam menghadirkan visual animasi yang semakin tajam dan terlihat nyata namun tetap sangat lembut terasa di mata. 

Terlepas dari karakter centaur yang naik mobil, Onward tetap sebuah film yang menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga. Film ini tak akan membuat rugi karena menyisipkan berbagai pesan moral yang baik serta perkembangan karakter yang bisa ditiru dari Ian Lightfoot dan Barley Lightfoot.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment