Review : The Two Popes

Review : The Two Popes

Reviews - Review : The Two Popes

Netflix memberikan sebuah kado Natal yang manis lewat film The Two Popes. Duet akting Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce membawa sebuah kehangatan dalam persahabatan antara dua Paus.

01 January 2020, 07:05

Netflix memberikan sebuah kado Natal yang manis lewat perilisan film The Two Popes. Bertepatan dengan Hari Natal, film yang dibintangi oleh duet Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce ini membawa pesan damai yang disampaikan dengan begitu hangat dan lembut lewat persahabatan Paus Benediktus XVI dan Paus Fransiskus. Keduanya memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang. Paus Benediktus XVI atau Joseph Aloisius Ratzinger adalah seorang pemimpian yang kolot dan menganut paham konservatif. Di masa kepemimpinannya, Ratzinger yang berasal dari Jerman kerap dikecam karena dituding memiliki paham Nazi. Sementara itu Paus Fransiskus atau Jorge Mario Bergoglio justru menganut paham liberal dengan gaya hidup yang berbeda. Pendekatan Bergoglio terhadap umat Kristiani dianggap lebih diterima karena satu dan berbagai hal.

Jonathan Pryce dalam The Two Popes

Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce memegang peranan besar dalam mengantarkan film ini menjadi salah satu film paling diperhitungkan di tahun 2019. Akting keduanya begitu kuat. Dialog-dialog yang dihadirkan juga cukup sederhana untuk dimengerti meski Anda bukan seorang Kristiani. Chemistry di antara Hopkins dan Pryce terjalin begitu kuat. Fernando Meirelles, sang sutradara, sangat cerdik mengambil obrolan-obrolan keduanya dengan gambar-gambar close-up yang sama sekali tak mengganggu. 

Keindahan akting kedua aktor yang sudah tak muda itu lagi disempurnakan dengan berbagai sinematografi keren yang kebanyakan diambil dari Vatikan. Setiap sudut Vatikan yang indah itu akhirnya bisa kita lihat lewat adegan-adegan di The Two Popes. Meirelles benar-benar mempergunakan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Vatikan adalah salah satu tempat terbaik yang pernah ada. 

The Two Popes secara sederhana menyampaikan bahwa kedua Paus yang pernah memimpin Vatikan itu hanya manusia biasa. Keduanya bukan manusia sempurna karena sama-sama memiliki dosa. Namun hal terbaik dari semuanya adalah kedua tokoh utamanya berkembang dan berusaha menjadi lebih baik. Keduanya juga meminta pengampunan kepada Tuhan untuk bisa menjadi pemimpin yang baik.

Anthony Hopkins dalam The Two Popes

Rasa-rasanya akan sangat jarang kita bisa menyaksikan film betema agama sehangat ini. Dialog-dialog Paus Benediktus XVI dan Paus Fransiskus juga tak kadang menimbulkan tawa kecil yang cukup berkesan. Saya sangat suka dengan adegan terakhir di mana keduanya menyaksikan pertandingan sepakbola antara Jerman vs Argentina pada Final Piala Dunia 2014. Paus Benediktus dan Paus Fransiskus menonton pertandingan tersebut dengan gaya yang unik. Keduanya pun saling sindir ketika timnas masing-masing melakukan kesalahan di pertandingan tersebut. Adegan lalu ditutup dengan kamera yang menjauh dan mematikan sebuah lilin kecil. Adegan tersebut benar-benar sebuah karya sinematik yang menarik karena mengandung makna yang cukup dalam.

Persaingan kategori Best Leading Actor Oscar tahun depan rasanya akan semakin menarik untuk disimak. Banyak sekali aktor-aktor hebat yang tampil sepanjang tahun 2019 dan layak masuk nominasi. Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce adalah dua di antaranya. Meski usianya sudah tak muda lagi, kedua aktor tersebut berhak mendapat apresiasi dari akting mereka di dalam film The Two Popes.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment