Review : Princess Mononoke

Review : Princess Mononoke

Reviews - Review : Princess Mononoke

Princess Mononoke merupakan sebuah film animasi dari Studio Ghibli yang spesial karena dianggap paling menegangkan dan berdarah-darah.

06 March 2020, 07:05

Film-film animasi dari Studio Ghibli kini bisa Anda nikmati dalam layanan streaming Netflix. Secara bertahap, Netflix akan menghadirkan semua koleksi film animasi dari studio asal Jepang tersebut. Salah satu film terbaik dari Studio Ghibli adalah Princess Mononoke.

Princess Mononoke merupakan film yang dirilis pada 1997. Film ini bisa dikatakan sebagai film Ghibli yang paling menegangkan sekaligus paling berdarah. Perjalanan Ashitaka (Billy Crudup) dalam mencari obat penyembuh kutukan di tubuhnya justru membawanya ke dalam sebuah peperangan antara ras manusia dan hutan. Di sana, Ashitaka juga berjumpa dengan Princess Mononoke atau San (Claire Danes) yang hidup bersama serigala. 

Ashitaka dan Mononoke

Secara cerita, Princess Mononoke terbilang megah karena menghadirkan berbagai konflik dan bermacam karakter. Meski benang merah cerita tetap pada perjalanan Ashitaka, konflik-konflik kecil yang dimunculkan tetap terasa penting dan membuat film tetap berjalan dengan pace yang stabil. 

Princess Mononoke memang sebuah film Studio Ghibli yang spesial di antara yang lainnya. Tanpa melepaskan unsur utamanya yang menghadirkan makhluk-makhluk gaib, Studio Ghibli menambah efek mencekam di film ini dengan pertumpahan darah. Sutradara sekaligus penulis Hayao Miyazaki tak tanggung-tanggung menggambarkan adegan-adegan darah dan pembunuhan lewat sabetan samurai atau bahkan tembakan jitu dari anak panah. Darah juga terlihat mengalir lewat beberapa adegan yang menampilkan hewan-hewan terluka. 

Ashitaka

Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa gambaran visual dari Princess Mononoke belum sesempurna film animasi seperti saat ini. Hal ini sebenarnya cukup dimaklum karena Princess Mononoke dibuat dan dirilis pada 1997. Jika kita menyaksikan film ini pada tahun perilisannya, bukan tak mungkin kita juga bisa dibuat berdecak kagum oleh kualitas gambar yang disajikan oleh Studio Ghibli.

Princess Mononoke juga membawa pesan yang cukup baik untuk disampaikan kepada para penonton. Film ini menggambarkan betapa buruknya tingkah umat manusia yang selalu bersikap serakah dan maruk terhadap alam. Princess Mononoke seolah menjadi sebuah gambaran bagaimana jika manusia terus bersikap serakah dan mengambil semua yang disediakan oleh alam. Teguran ini rasanya masih sangat relevan dengan kehidupan di zaman sekarang.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment