Penghasilan Men In Black International Yang Jauh Dari Ekspektasi

Penghasilan Men In Black International Yang Jauh Dari Ekspektasi

Penghasilan Men In Black International Yang Jauh Dari Ekspektasi

Perolehan Men In Black: International tidak bisa menyaingi tiga film pendahulunya.

18 June 2019, 07:05

Nasib sial Dark Phoenix juga dialami oleh sekuel dari franchise film Men In Black, yakni Men In Black: International. Meski berhasil merajai box office Amerika Utara dengan penghasilan sebesar $28.5 juta dollar, perolehan Men In Black: International rasanya jauh dari ekspektasi.

Seperti diketahui, tiga film pertama Men in Black yang dibintangi oleh Tommy Lee Jones dan Will Smith berhasil mendapat untung lebih dari $50 juta dollar di minggu pertama penayangan. Bahkan analis box office dunia berspekulasi film Men in Black: International bisa mendapat penghasilan lebih baik di Amerika Utara, yakni di atas $30 juta dollar.

Di 56 area selain Amerika Utara, film yang dibintangi oleh Tessa Thompson dan Chris Hemsworth ini pun hanya memperoleh $73 juta dollar dan jika ditambahkan total untung yang didapat adalah $101,5 juta dollar. Penghasilan ini belum bisa mengembalikan modal $110 juta dollar yang Sony Pictures gelontorkan. 

Kritikus film mengapresiasi chemistry antara Hemsworth dan Thompson yang pertama kali diduetkan di film Thor: Ragnarok. Namun, kritikus mempermasalahkan keputusan Sony merilis film Men in Black: International 7 tahun setelah film terakhir dan hampir 25 tahun sejak film pertama. 

Rasanya kisah petualangan melawan alien jahat yang 'menumpang' di Bumi sudah terlalu kuno dan tidak up to date. Rotten Tomatoes bahkan hanya memberi rating 24% bagi film ini.

Nyatanya, Men in Black: International bukan satu-satunya film sekuel yang gagal menyita perhatian pecinta film di seluruh dunia. Film sequel Shaft yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson hanya mendapat $8,3 juta dollar dari penayangan di 2.952 lokasi berbeda. Penghasilan ini sangat jauh lebih buruk jika membandingkan film pertamanya yang memperoleh $21,7 juta dollar di pekan pertama. Padahal film sekuel ini mempertemukan tokoh Shaft dari berbagai generasi yang dibintangi oleh Samuel L. Jackson, Jessie Usher, dan Richard Roundtree.

Adapula The Secret Life of Pets 2 yang hanya meraup untung sebesar $23 juta dollar di pekan kedua. Hasil ini 49% lebih rendah jika dibandingkan film pertamanya yang mendapat untung hingga $92 juta dollar di Amerika Utara. 

Belum lagi Dark Phoenix yang menjadi sequel dari franchise film X-Men. Di pekan pertama penayangannya saja film ini memperoleh penghasilan yang buruk dan di pekan ini penghasilan Dark Phoenix menurun hingga 73% dan hanya mendapat untung sebesar $9 juta dollar.

Penghasilan non-sequel, seperti Aladdin dan Rocketman justru mendapat penghasilan yang tergolong stabil. Aladdin saat ini berada di posisi ketiga box office Amerika Utara setelah mendapat untung sebesar $17 juta dollar dan di seluruu dunia film ini pun meraup pendapatan hingga $264 juta dollar. 

Rocketman yang merupakan film biopik dari Sir. Elton John dan dibintangi oleh Taron Egerton mendapat untung $8,8 juta dollar pekan ini dan jika ditotal pendapatannya telah mencapai $66 juta dollar. Hal ini tergolong besar bagi film drama biopik.

Dalam waktu dekat akan tayang Toy Story 4 dan Spider-Man: Far From Home. Apakah dua film sequel tersebut akan bisa meraup untung? Atau justru gagal seperti Men in Black: International, Shaft, dan Dark Phoenix?

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment