Pembajakan Ancam Industri Perusahaan Streaming

Pembajakan Ancam Industri Perusahaan Streaming

Pembajakan Ancam Industri Perusahaan Streaming

Optimisme di balik layanan Video on Demand

28 March 2019, 02:42

Sejak hadir di tanah air sejak beberapa tahun lalu, layanan Video on Demand Konten Kurasi Online terus berkembang. Ada optimisme di balik layanan TV berbayar ini, namun terancam oleh bahaya pembajakan.

Hal itu terungkap dalam konferensi Indonesia in View yang digelar oleh Asosiasi Industri Video Asia (AVIA) di Jakarta beberapa waktu lalu. Sebuah ajang yang mempertemukan pejabat pemerintah, pimpinan bisnis video on demandlokal, dan para pakar untuk membahas masalah yang relevan dengan prospek industri video.

Aura positif ditunjukkan oleh Ketua KPI Dr Yuliandre Darwis yang menyebutkan bahwa pemerintah berharap untuk melihat dan mendukung peningkatan investasi dalam konten lokal.

Sementara Engagement Manager Alphabeta Konstantin Matthies mengamati dari survei perusahaannya tampak bahwa penyedia Konten Kurasi Online akan meningkatkan investasi mereka dalam konten Asia 3,7 kali dalam tiga tahun ke depan.

“Ini peluang bagi industri produksi lokal untuk tumbuh dengan semakin meningkatnya fokus pada produksi lokal,” ungkap Ketua APROFI (Asosiasi Produsen Film Indonesia),Fauzan Zidni.

Dari pemain streaming video ada Jason Monteiro, Chief Marketing Officer dari iflix. “Kami akan menggandakan investasi dalam konten lokal tahun ini, karena kami melihat reaksi pemirsa yang baik terhadap cerita dari Asia. Semua pihak sepakat bahwa konten asli yang unik adalah daya tarik terbesar untuk menarik pelanggan

Di sisi lain, VP Digital Lifestyle Services Telkomsel Crispin Tristram menyebutkan bahwa di balik sukses yang tumbuh dari aplikasi supernya dalam mengumpulkan konten namun ada tantangan dalam monetisasi. “Untuk game kami lihat tingkat konversi 10% dari layanan gratis menjadi berbayar, untuk musik itu adalah 3% tetapi untuk video kurang dari 1%.”

Tingkat konversi yang rendah ini nyarisdisebabkan oleh tingginya tingkat pembajakan di Indonesia. Faktanya ada ekosistem pembajakan streaming digital yang tumbuh secara masif.Bahkan ketika bisa diatasi tingkat konversi gratis ke bayar untuk layanan video akan tetap rendah.

Istimewa

.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment