Parasite, Komedi Moral Yang Menggelitik

Parasite, Komedi Moral Yang Menggelitik

Reviews - Parasite, Komedi Moral Yang Menggelitik

Judulnya saja sudah mewakili apa yang hendak disampaikan oleh sutradara Bong Joon-Ho melalui film yang membuatnya pulang dari Cannes dengan piala Palme d’Or.

26 June 2019, 07:05

Parasite

Di awal film, Bong Joon-Ho membawa kita masuk ke dalam kehidupan karakter keluarga Kim yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kepala keluarga bernama Ki-taek (Song Kang-ho), istrinya, Choong Sook (Jang Hye-jin) dan kedua anak mereka, Ki-woo (Choi Woo-shik) dan Ki-jeong (Park So-Dam).

Kehidupan miskin yang keluarga Kim hadapi mendadak seolah mendapatkan durian runtuh saat Ki-woo ditawari pekerjaan sebagai guru les bahasa inggris dari teman kuliah yang sudah lama tak ia jumpai, untuk anak perempuan dari keluarga Park yang kaya raya. Merasa terbebani dengan kemiskinan yang selama ini dilaluinya, Ki-woo segera menerima tawaran tersebut dan mendapatkan ide untuk menggantikan para pelayan di rumah keluarga Park dengan anggota keluarganya sendiri. 




Apa yang selanjutnya terjadi? Satu per satu anggota keluarga Kim diterima untuk bekerja dan keluarga Park merasa puas karena bisa memberikan yang terbaik bagi anak mereka. Tapi ternyata cerita tak berhenti disana karena seperti yang kita tahu hidup tak semudah itu berubah karena yang terjadi berikutnya adalah serangkaian kejadian menegangkan terjadi di dalam rumah keluarga kelas atas itu. Penasaran untuk ingin melihat bagaimana cara keluarga Kim bertahan dari pahitnya hidup susah? Dan apa yang sebenarnya terjadi di kediaman keluarga Park yang kaya raya? 

Meski nama sang sutradara, Bong Joon-ho, mungkin tak begitu dikenal seperti para sutradara film Hollywood yang biasa kita tonton, film yang ia buat tak kalah menarik dengan karya-karya mereka. Bahkan mungkin lebih baik lagi. Ingat Okja? Dua kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan Parasite adalah mencengangkan dan brilian sampai membuat bulu kuduk kita sebagai penonton meremang. Bukan karena ketakutan tapi karena kritik sosial melalui komedi satir yang ia hadirkan dalam film ini begitu mengena.




Tak hanya sekadar menggambarkan perbedaan kasta sosial khas Korea Selatan mengenai orang miskin yang jatuh cinta pada orang kaya raya, secara keseluruhan Parasite membawa kita menyaksikan bagaimana Ki-taek yang sudah jengah hidup susah dan menghalalkan segala cara untuk keluar dari jeratan jaring-jaring kemiskinan. Sementara itu, keluarga Park digambarkan sebagai sosok yang naif. Tapi apakah benar mereka sepolos yang mereka tampilkan? Simbiosis antara kedua keluarga pun berlangsung dengan mulus sampai sebuah tragedi terjadi.

Semua intrik yang dimunculkan dalam Parasite diperkuat oleh tampilan visual yang kontras mulai dari awal film. Bertolak belakang antara si miskin dan si kaya, lengkap dengan beragam properti yang mengilustrasikannya untuk menyajikan pergantian suasana yang mengatur mood penonton, mempermainkan logika kita saat mengikuti alur cerita film ini dan terombang-ambing menyimpulkan siapa yang menjadi sosok protagonis dan antagonis dalam film ini. 



Nutshell:

Parasite hadir nyaris sempurna dengan berbagai twist yang diselipkan dan membuat penonton bertanya-tanya bahkan setelah film usai

Rating NR Directed by Bong Joon-ho Starring Song Kang-ho, Lee Sun-kyun,Yeo Jeong Cho Release date Jun 21, 2019 Running time 132 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment