One Cut of The Dead - Review

One Cut of The Dead - Review

Reviews - One Cut of The Dead - Review

Don't stop the camera!

13 March 2019, 05:11

Film dibuka dengan one take sepanjang 37 menit yang menampilkan sekelompok pembuat film zombie yang sedang syuting di sebuah gedung terlantar, yang konon pernah dipakai pemerintah Jepang untuk melakukan eksperimen terhadap manusia pada masa Perang Dunia II. Situasi menjadi kacau setelah mereka diserang zombie sungguhan, tapi sang sutradara, Higurashi (Takayuki Hamatsu), tetap memerintahkan juru kamera untuk terus mengambil gambar.

Kegilaan film ini sudah terasa lewat one take tersebut. Meski terlihat digarap asal-asalan dan mungkin hanya cocok untuk para penikmat horor kelas B, tapi sebuah adegan sepanjang 37 menit tanpa cut jelas butuh presisi tinggi dalam ekseskusinya. Dan percayalah, kehebatan sesungguhnya film ini baru terjadi setelah itu.

Sutradara Shinichiro Ueda, yang juga bertindak sebagai penulis naskah dan editor, benar-benar mengecoh dengan pembukaan tersebut, lalu membawa kita pada sesuatu yang sungguh tak terduga. Dengan niat yang terasa begitu tulus, ia seperti membuat sebuah penghormatan pada proses pembuatan film. Penghormatan yang kemudian menjadi pesta bagi para penontonnya, karena apa yang disajikannya sungguh akan membuat siapa pun tertawa sampai lemas. Formula komedinya sungguh segar dan menghibur, setiap adegannya memiliki detail yang luar biasa dan mampu dieksekusi dengan sempurna. Sungguh genius.

Dengan naskah yang sangat solid, semua karakter bisa ditampilkan sisi menariknya tanpa perlu banyak penjelasan. Lewat mereka, film ini jadi punya kehangatan tersendiri. Interaksi di antara mereka sungguh menyenangkan untuk dilihat. Diam-diam, Ueda pun mampu menyelipkan subplot tentang relasi ayah-anak yang dalam dan menyentuh. Di sisi lain, lewat beberapa dialognya, Ueda juga seperti ingin sedikit mengkritik pandangan industri terhadap proses pembuatan film. Ini adalah salah satu film zombie komedi... maaf, ralat, ini adalah salah satu film paling brilian sepanjang masa! Krishna Mahendra

Nutshell Gila dan genius. Penghormatan yang sangat layak untuk proses pembuatan film, idenya sangat menghibur dan mengejutkan, serta dieksekusi dengan detail brilian. Sebuah subplot menyentuh pun ikut terselip.

Rating PG-13 Director Shinichiro Ueda Screenplay Shinichiro Ueda Cast Takayuki Higurashi, Harumi Shuhama, Mao, Kazuaki Nagaya, Yuzuki Akiyama, Manabu Hosoi, Hiroshi Ichihara, Shuntaro Yamazaki Running time 97 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment