Misi Anggy Umbara Mengubah Stigma Horor Seksi Lewat Si Manis Jembatan Ancol

Misi Anggy Umbara Mengubah Stigma Horor Seksi Lewat Si Manis Jembatan Ancol

Misi Anggy Umbara Mengubah Stigma Horor Seksi Lewat Si Manis Jembatan Ancol

Stigma horor seksi yang melekat dalam Si Manis Jembatan Ancol coba diubah oleh Anggy Umbara dalam film terbarunya.

04 November 2019, 07:05

Sutradara Anggy Umbara diberi kesempatan oleh MVP Pictures untuk meremake film horor lawas mereka, Si Manis Jembatan Ancol. Film ini merupakan film produksi tahun 1973 dan dibintangi oleh Lenny Marlina. Si Manis Jembatan Ancol lalu sempat tayang sebagai sinetron pada era 90-an dengan kemasan yang berebeda dari film awalnya.

Dalam perilisan poster dan trailer pertamanya, Kamis (31/10/2019), Anggy mengatakan bahwa cerita utama filmnya tetap mengacu pada film tahun 1973. Ia tetap mengangkat tema sosial tentang perempuan yang haknya direnggut lalu bergentayangan untuk membalaskan dendamnya.

Poster Si Manis Jembatan Ancol

"Film Si Manis Jembatan Ancol ini bukan berdasarkan sinetron tahun 90-an. Ini sebenarnya lebih relate ke film aslinya, film tahun 1973. Si Manis ini bercerita tentang hak-hak wanita yang direnggut. Ini social issunya hak-hak dan diskriminasi terhadap wanita," kata Anggy.

Anggy Umbara juga memiliki sebuah misi khusus untuk mengubah stigma Si Manis Jembatan Ancol yang berbelok ketika sinetronnya muncul. Dalam sinetronnya, horor seakan selalu menjadi komoditas yang tak lengkap tanpa adegan-adegan sensual. Tak hanya itu saja, Indonesia juga sempat merasakan masa kegelapan horor di mana semua filmnya hampir selalu menjual keseksian di dalamnya.

"Kalau dulu identik dengan baju seksi dan pinggir jalan. Saya sebenarnya pengen menghapuskan itu. Mengingatkan kembali aslinya gak kayak gitu. Si Manis pakai kerudung dan orang baik-baik. Sebenarnya film tahun 1973 dia ke mana-mana pakai kerudung dan ya selalu pakai baju merah. Itu yang ingin saya tekankan, masyarakat Betawi pada concern Si Manis aslinya tercoreng gara-gara Si Manis identik dengan seksi di pinggir jalan," ucap sutradara film terlaris sepanjang masa Indonesia ini.

Mengangkat kembali citra wanita adalah salah satu pesan yang ingin disampaikan oleh Anggy Umbara lewat film ini. Dengan industri yang semakin sehat dan penonton yang semakin pintar, Anggy berharap para penonton bisa lebih menghargai wanita setelah menyaksikan filmnya.

Si Manis Jembatan Ancol akan menampilkan Indah Permatasari sebagai pemeran utama bernama Maryam. Randy Pangalila dan Arifin Putra juga akan ikut meramaikan film yang akan tayang pada 26 Desember 2019 ini. 

Nutshell: Misi mulia dibawa oleh Anggy Umbara lewat film terbarunya Si Manis Jembatan Ancol. Dengan tema cerita yang masih sangat relate di kehidupan nyata, Si Manis seharusnya tidak hanya memberikan teror saja kepada para penonton. Film ini juga bisa memberikan pesan dan edukasi baik untuk masyarakat Indonesia.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment