Merayakan Kemerdekaan dengan Film-film Pahlawan Indonesia

Merayakan Kemerdekaan dengan Film-film Pahlawan Indonesia

Merayakan Kemerdekaan dengan Film-film Pahlawan Indonesia

Allfilm telah merangkum empat film hebat tentang perjuangan para pahlawan bangsa dengan caranya masing-masing. Film-film ini bisa dijadikan alternatif tontonan untuk 17 Agustus kali ini.

17 August 2019, 07:05

Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menonton film. Indonesia memiliki begitu banyak film yang bercerita tentang sejarah atau tokoh-tokoh pahlawan bangsa. Cerita-cerita dalam film tentunya memiliki semangat perjuangan yang bisa diterapkan setiap saat.

Kami sudah merangkum empat film yang bisa dijadikan alternatif pilihan tontonan untuk disaksikan pada tanggal 17 Agustus ini. Simak ulasannya berikut ini.

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Berbicara soal kemerdekaan Indonesia, nama Ir. Soekarno tak akan pernah bisa dilewatkan begitu saja. Sosok Soekarno sebagai proklamator kemerdekaan dikisahkan dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka yang dirilis pada tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Ario Bayu sebagai Soekarno. 

Soekarno: Indonesia Merdeka bercerita tentang biografi Bapak Proklamator sedari kecil, di mana ia awalnya bernama Kusno hingga berganti nama karena sering sakit-sakitan. Kisah masa remaja Soekarno dan beberapa kisah cintanya juga dimasukkan ke dalam cerita sampai akhirnya berjuang untuk melepaskan diri dari penjajah pada tahun 1945. 

Dalam film ini ada juga beberapa pidato Soekarno yang sukses memantik api semangat rakyat Indonesia. Salah satu pidato paling terkenal, yakni Indonesia Menggugat, dibawakan dengan apik oleh Ario Bayu dengan paduan gambar syuting dan footage kemerdekaan.

Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Salah satu film terbaik yang pernah dimainkan oleh Reza Rahadian tentu saja adalah Guru Bangsa Tjokroaminoto. Dalam film ini Reza membuktikan kapasitasnya sebagai aktor handal di kancah perfilman Indonesia.

Haji Oemar Said Tjokroaminoto berperan besar dalam mempertahankan martabat bangsa di mata dunia pada awal-awal masa kemerdekaan. Dengan caranya sendiri, Tjokroaminoto berjuang di jalur pendidikan.

Guru Bangsa Tjokroaminoto bercerita tentang kisah perjuangan Tjokroaminoto melawan kebodohan dan kemiskinan yang masih merajarela pada saat itu. Melalui aksi bersama Sarekat Islam, Tjokroaminoto dengan gigih mulai melakukan aksi dan menggelar berbagai sosialisasi kepada masyarakat.

Dalam film garapan Garin Nugroho ini, Reza Rahadian beradu akting dengan Alex Abbad, Putri Ayudya, Maia Estianty, Chelsea Islan, dan Didi Petet.

Jenderal Soedirman (2015)

Film Jenderal Soedirman berkisah tentang perjuangan sang pahlawan melawan Belanda dengan cara bergerilya. Ironisnya, di tengah perjuangan itu, Soedirman sendiri harus berjuang melawan penyakit paru-paru yang dideritanya. 

Akting Adipati Dolken sebagai Soedirman cukup mendapat apresiasi di mata para penikmat film Tanah Air. Namanya mulai dilirik oleh banyak produser film setelah tampil apik memerankan Soedirman di film ini. 

Viva Westi selaku sutradara berperan besar dalam mengalirnya cerita di film ini. Caranya bercerita tentang perjuangan Soedirman dari hutan-hutan di Jawa, menyusun strategi yang keren, hingga membuat Belanda kehabisan waktu, logistik serta amunisi terasa menjadi sebuah tontonan yang menarik.

Kartini (2017)

Kartini menjadi film tentang perjuangan tokoh bangsa terakhir yang terbilang sukses. Meski bukan tokoh pahlawan yang berperang langsung sebelum merdeka, Kartini adalah sosok pahlawan tersendiri bagi kaum perempuan di Indonesia.

Dian Sastrowardoyo memerankan tokoh Kartini yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo ini. Ia beradu akting dengan Adinia Wirasti, Ayushita, Djenar Maesa Ayu, dan Reza Rahadian. 

Kartini di film ini dikisahkan memperjuangkan kesetaraan hak perempuan Indonesia dalam mengenyam pendidikan dan strata di lingkungan sosial. Kisahnya cukup menginspirasi karena hingga saat ini masalah yang ada masih tetap bisa terhubung dengan masyarakat Indonesia pada umumnya.


Nutshell

Menonton film-film pahlawan nasional pada momen 17 Agustus bisa menjadi alternatif yang cukup baik. Selain memberikan nilai semangat perjuangan, kisah-kisah drama para pahlawan di film ini juga cukup menarik untuk disimak.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment