Marjane Satrapi Bercerita Sulitnya Mengangkat Kisah Marie Curie

Marjane Satrapi Bercerita Sulitnya Mengangkat Kisah Marie Curie

Marjane Satrapi Bercerita Sulitnya Mengangkat Kisah Marie Curie

Radioactive, film yang berkisah mengenai Marie Curie mendapat sorotan yang lumayan hangat dari para kritik film, dan sang filmmaker Marjane Satrapi adalah orang yang tepat dalam mengerjakan film itu.

14 August 2020, 07:05

Ketika Marjane Satrapi ditawari mengerjakan biografi mengenai Marie Curie, physicist dari Polandia yang bertanggung jawab memberikan dunia ilmu mengenai nuklir, terutama mengenai radio aktif, dan juga penemuan senyawa Radium dan Polonium, Satrapi sangat tertarik mengingat bahwa Curie adalah seorang nobel prize winner yang telah berprestasi di bidang science, bahkan sebelum emansipasi wanita banyak didengungkan. 

Perjalanan hidup Curie tidaklah mudah, meskipun ia dengan sang suami merupakan established scientist, tidak banyak yang masih memandang Curie dengan sebelah mata. Dan kehidupannya sehingga ia menjadi Nobel Prize winner dan juga seorang ilmuwan yang dipandang, bukanlah perkara mudah. 

Hal inilah yang menarik minat Satrapi, sang sutradara yang juga pernah mengerjakan Persepolis tersebut mengatakan bahwa mengangkat kisah hidup Curie mengajak dirinya untuk lebih mengenal peran wanita dalam sejarah manusia, dan ini menjadi hal yang sangat menarik bagi dirinya. 

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment