Ketika Superhero Menjadi Industri

Ketika Superhero Menjadi Industri

Reviews - Ketika Superhero Menjadi Industri

Serial The Boys mengangkat begitu banyak cerita menarik yang mampu membuat penontonnya bertahan dan menantikan season berikut.

06 August 2019, 07:05

Diadaptasi dari komik karya Garth Ennis dan Darick Robertson, The Boys menjadi sebuah serial superhero satir yang menyajikan begitu banyak momen seru, intrik yang cukup kuat, aspek drama yang layak dinantikan dan kekuatan para pemainnya yang begitu solid dan sangat hidup. 

Eric Kripke adalah sang jenius dibalik serial The Boys. Kripke bertanggung jawab sebagai show runner dan juga orang utama di balik pengembangan cerita The Boys yang begitu beragam dan menarik. Ya memang masih ada nama-nama seperti Seth Rogen yang bertindak sebagai executive producers, namun Kripke lah yang mampu dengan jeli mengangkat kisah The Boys menjadi serial yang begitu kuat. 

Ceritanya mungkin akan sangat banyak mengingatkan kita pada Watchmen karya Alan Moore dan Dave Gibbons. Dunia dimana superhero is human dan menjadi seorang superhero tidak meruntuhkan nilai-nilai moralitas yang seharusnya tetap kita miliki sebagai manusia. 

The Boys mengisahkan mengenai sebuah dunia dimana superhero tumbuh subur dan menjadi bagian yang sangat diterima dari masyarakat modern. Menyebar ke seluruh pelosok Amerika, para superhero ini memiliki kekuatannya masing-masing dan kemampuan yang berbeda, dan mereka menyatu berbaur bersama masyarakat menjadi bagian dari civic society secara normal. 

Vought International adalah sebuah perusahaan yang kemudian mengakomodir 7 superhero andalan yang ada di Amerika, menjadi sebuah industri. Ketujuh superhero tidak hanya yang paling kuat, namun juga yang paling mudah dieksploitasi secara marketing, dan semuanya itu dikontrol oleh Vought International yang memiliki pengaruh hingga ke para Senator di negeri Paman Sam dan juga para lawmakers. 

Ketika suatu hari, A-Train, salah satu dari ketujuh pahlawan super tersebut, melakukan kesalahan dengan tidak sengaja membunuh seorang warga biasa ketika ia tengah menjalankan tugasnya, terjadilah serangkaian perkara yang kemudian mengajak kita untuk kenal dengan karakter Billy Butcher (Karl Urban), Hughie Campbell (Jack Quaid), Mother's Milk (Laz Alonso) dan Frenchie (Tomer Kapon)

The Boys 

Ke-empat karakter ini memiliki masalahnya masing-masing dengan para superhero yang tergabung dalam Vought International, dan mereka yakin bahwa sesuatu yang buruk dan korup terjadi di belakang layar, karena sebenarnya para super hero ini sering tersandung masalah hukum dan juga seringkali terbukti bersalah, dan bersifat angkuh tanpa memperdulikan lagi nyawa manusia, namun yang penting bagi mereka adalah uang yang mereka terima dari hasil industrialisasi karakter-karakter The Seven yang terdiri dari Homelander, A-Train, Queen Maeve, The Deep, Black Noir, Transluscent dan juga yang baru bergabung adalah Starlight (Erin Moriarty).

Vought International sendiri dipimpin oleh Madelyn Stillwell yang diperankan oleh Elizabeth Shue, dimana ia bertugas untuk menjaga ketujuh superhero tersebut untuk tetap dalam koridor perusahaan yang telah ditetapkan untuk mereka. 

The Boys memiliki intrik cerita yang kuat dan juga pengembangan karakter yang begitu baik. Dendam ke-empat tokoh yang kemudian ingin melawan Vought International sendiri juga perlahan kita ketahui melalui character development yang begitu tepat dan mengasyikkan untuk diikuti. 

Dan ketika Hughie Campbell mulai jatuh cinta dengan salah satu anggota The Seven, The Boys memberikan ruang bagi kedua karakter ini untuk memiliki nuansa drama yang terasa begitu manis di antara laju cepat cerita yang mengajak kita untuk mengenal lebih jauh dua kubu yang berbeda, The Boys yang dipimpin oleh Billy Butcher dan diperankan dengan sangat apik oleh Karl Urban, dan kubu Vought International yang dipimpin oleh Homelander, yang diperankan oleh Anthony Starr, dan merupakan superhero terkuat dan terhebat diantara enam lainnya. 

Delapan episode yang ditawarkan di season pertama memberikan kita 'jalan masuk' ke dalam dunia The Boys, dimana superhero merupakan komoditas yang dijalankan oleh manusia yang memiliki nilai-nilai moral yang tidak ubahnya dengan manusia biasa. Kemudian kita diajakn berkenalan dengan kedua kubu karakter yang masing-masing memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Di kubu superhero, hidup mereka juga bukanlah hidup yang selalu sempurna dan penuh glamor, banyak diantaranya yang mengingat masa kecilnya dengen kegetiran yang mendalam, dan ada juga yang tidak mengenal orang tuanya sama sekali. 

Intrik kemudian semakin kuat terlihat, ketika para The Boys yang ingin mengungkap kebobrokan Vought International, dan juga ketujuh superhero mereka yang bukan tanpa cela - harus menggunakan akal serta pengalaman mereka yang begitu sporadis untuk mencoba mengungkap Compund V, sebuah cairan yang kemudian menjadi central narration dari cerita ini. Namun apa itu Compound V? secara klise All Film Lovers sudah pasti bisa menebak bahwa itu adalah semacam cairan yang mampu membuat para superhero tersebut menjadi lebih kuat, dan mereka memperlakukannya seperti narkotika. Namun seperti apa Compound V membangun industri jahat Vought International? Saksikan sendiri series yang menurut kami, salah satu seri terbaik yang pernah kami saksikan beberapa tahun terakhir ini. Amazon Studios pun sudah menyetujui penggarapan season kedua yang rencana akan segera rilis tahun mendatang. 

Rating R Showrunner Eric Kripke Cast Karl Urban, Jack Quaid, Anthony Starr, Erin Moriarty Streaming on Prime Video  

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment