Jojo Rabbit : Surat Cinta Untuk Ibu

Jojo Rabbit : Surat Cinta Untuk Ibu

Reviews - Jojo Rabbit : Surat Cinta Untuk Ibu

Taika Waititi berhasil memberikan suguhan drama satir yang luar biasa menarik hati.

26 February 2020, 07:05

Diangkat dari buku karya Christine Leunen berjudul Caging Skies, Jojo Rabbit bercerita mengenai Jojo Betzler seorang anggota Hitler Youth yang mengetahui bahwa ibunya tengah menyembunyikan seorang gadis Yahudi di rumah mereka. 

Mengambil setting pada masa perang dunia kedua dan berkonsentrasi pada kehidupan di Jerman pada masa itu, Taika Waititi dengan brilian berhasil memberikan suguhan film yang jenaka, diisi dengan narasi visual yang menarik dan permainan para tokoh yang memaksa kita untuk jatuh cinta pada film ini. 

Film ini dibuka dengan perkenalan kita dengan Jojo dan Hitler, teman imajinasinya yang selalu menemani dia kemanapun dia pergi, dan juga ibunya yang memiliki pandangan berbeda terhadap Hitler dan kroninya pada masa itu. 

Jojo yang tumbuh dengan kecintaan serta propaganda bodoh mengenai Hitler, Third Reich, kesucian ras, dan kebencian terhadap kaum Yahudi harus memaksakan dirinya bisa berkawan dengan seorang gadis Yahudi yang bersembunyi di rumah mereka. 

Begitu banyak momen momen manis dan mengharukan yang dihadirkan oleh Waititi dalam film ini, mulai dari bagaimana ibu nya Jojo mencoba memahami kecintaan anaknya terhadap Hitler dan Partai Nazi, hingga bagaiman sang gadis Yahudi juga mencoba untuk mengerti kecintaan Jojo terhadap Nazi dan juga kebenciannya terhadap Yahudi. 

Meskipun tidak berkonstrasi sebagai sebuah film perang, Jojo Rabbit justru memberikan kita gambaran akan kehidupan di Jerman pada masa perang dunia kedua, dimana bangsa Jerman merasa sebagai bangsa yang superior dan juga seperti apa kehidupan mereka di ibu kota negara yang ketika itu menjadi pusat dunia. Hal ini yang menjadikan Jojo Rabbit sebuah film yang menarik, hubungan antara Jojo dan ibunya, dan juga persahabatan yang ia miliki bersama seorang gadis Yahudi, yang dimana telah lama ia diajari untuk membenci Yahudi, hal hal ini menjadikan film ini begitu hangat dan menarik. 

Film ini juga berhasil mendapatkan 6 nominasi pada pergelaran Academy Awards ke-92 kemarin, dua di antaranya adalah Best Picture, dan juga Best Supporting Actress untuk Scarlett Johansson, dan akhirnya memenangkan Best Adapted Screenplay. 

Nutshell :

Jojo Rabbit adalah sebuah tontonan menarik yang berhasil memberikan gambaran mengenai kehidupan di Jerman pada masa perang dunia kedua, dan seperti apa masyarakat Jerman pada umumnya beranggapan mengenai Hitler dan partai Nazi nya. 

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment