IF/THEN 2020, Platform Sinema Dokumenter Untuk Sineas Lokal

IF/THEN 2020, Platform Sinema Dokumenter Untuk Sineas Lokal

IF/THEN 2020, Platform Sinema Dokumenter Untuk Sineas Lokal

IF/THEN 2020 kembali diadakan sebagai platform untuk sineas di Asia Tenggara untuk tampil di kancah global.

12 June 2020, 07:05

Sejak kehadiran pertamanya di tahun 2018, IF/THEN telah membantu lebih dari 20 sineas Asia Tenggara untuk menembus kancah global dengan karya-karya kearifan lokal yang kuat. Dengan menggabungkan donasi dari tiga broadcaster besar dunia termasuk Al-Jazeera English, IF/THEN telah berhasil mengumpulkan lebih dari 80,000 US Dollar untuk kemudian bisa digunakan oleh sineas Asia Tenggara untuk merealisasikan mimpi dan ide mereka. 

IF/THEN telah membantu sineas Asia Tenggara diundang ke 7 forum dokumenter internasional serta 11 festival film global, dan menjadi batu loncatan untuk mempresentasikan ide serta narasi visual mereka di panggung dunia. Program ini di tahun 2018 berhasil mempopulerkan pamor Ucu Agustin, yang berhasil memenangkan mentorship ini dengan karyanya "Sejauh Kumelangkah" yang berhasil juga memenangkan Piala Citra untuk kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik. 

Tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah program IF/THEN 2020 dengan dukungan In-Docs dan juga Tribeca Film Institute, dengan harapan bahwa sineas lokal memiliki platform untuk mempopulerkan karyanya serta memberikan jalan untuk sukses di dunia internasional. Rangkaian acara ini akan dimulai dengan Lab Pengembangan Cerita yang dijadwalkan bergulir dari 17-21 Juni, dan dua hari sesi pitching pada 22 dan 23 Juni 2020. Namun mengingat pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi secara global, acara ini akan diadakan secara online dan akan menghadirkan 19 film dokumenter dari 8 negara yang mengangkat berbagai isu sosial, politik dan kultural.

Beberapa nama mentor yang akan turut serta dalam acara IF/THEN 2020 adalah Cynthia Lowen sutradara dan produser dari Train Of Thought Productions, Hata Takeshi editor dan produser yang pernah bekerjasama dengan Toda Hikaru dalam film "Of Love And Law", Emile Guertin senior commisioning producer dari Al-Jazeera English, Chloe Gbai director IF/THEN yang juga bagian dari Tribeca Film Institute. 

Informasi lengkap mengenai IF/THEN 2020 bisa dilihat disini

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment