Have A Good Trip : Adventures In Psychedelics

Have A Good Trip : Adventures In Psychedelics

Reviews - Have A Good Trip : Adventures In Psychedelics

Dokumenter yang baru saja dirilis di Netflix ini membahas hal tabo dengan visualisasi yang apik dan mengasyikkan.

15 May 2020, 07:05

Have A Good Trip barangkali bukan sebuah dokumenter linear yang bisa ditonton oleh semua orang, terutama bagi orang-orang yang masih kurang memahami betul bahwa dunia narkotika itu juga memiliki sisi yang berbeda. Have A Good Trip tidak mencoba memberikan pembenaran, tidak mencoba menjadi guru dan tidak menganjurkan Anda mencoba narkotika halucinogen, namun dokumenter ini memberikan peluang untuk mendengar pengalaman orang-orang yang telah mencobanya. 

Untuk garis besarnya barangkali Anda perlu tahu bahwa jenis narkotika hallucinogen, sebenarnya sudah ada sejak awal dekade 40'an, ketika itu obat ini digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, namun penggunaan secara luas untuk keperluan rekreasi pribadi belum begitu dikenal. 

Baru ketika dekade 60'an merangsek masuk, bersamaan dengan tumbuhnya gerakan flower generation, drug use semakin lazim di temukan, terutama marijuana dan juga hallucinogen. Dokumenter ini tidak membuang waktu mencoba menjelaskan itu semua, dan berharap penonton telah lebih dulu memahami apa itu hallucinogen sebelum akhirnya memutuskan untuk menonton dokumenter ini. 

Tidak ada yang salah dari situ, namun sang penulis dan sutradara Donick Cary barangkali sedikit lupa bahwa dokumenter harus memberikan pencerahan yang tidak bisa diberikan medium lain, dan untuk aspek itu, Have A Good Trip terasa sedikit hambar. 

Pengalaman jujur para musisi, comedian, aktor dan pelaku industri hiburan di film ini juga memberikan nuansa intimasi yang kuat. Ketika Sting, A$AP Rocky, Sarah Silverman, dan banyak lagi lainnya, bercerita mengenai pengalaman mereka mencoba LSD, yang masuk dalam kategori hallucinogen, dokumenter ini mengajak kita melihat perspektif hidup mereka yang akan sedikit sulit dimengerti apabila sebelumnya kita tidak terlalu mengenal apa itu LSD, atau apa itu Ayahuasca. 

Sebuah film memang tidak wajib memberikan poin cerita linear yang memiliki arti kuat, sebuah film bebas untuk bergerak dan berekspresi sesuai visualisasi sang sutradara dan penulis, dan Have A Good Trip menggunakan hal ini dengan sangat baik. 

Beberapa tampilan visual yang diberikan sangatlah memanjakan mata, Cary terlihat tidak neko-neko untuk memberikan seperti apa gambaran orang yang di bawah pengaruh hallucinogen, namun bahkan dengan visualisasi yang baik, narasumber yang sedikit banyak kita kenal, dokumenter ini tetap terasa seperti kehilangan arah dan penonton hanya dilepas duduk untuk mendengarkan beberapa artis mendongeng. Dan tanpa bantuan sinematografi yang kuat, rasanya podcast akan menjadi pilihan lebih baik. Tanpa dukungan data dan fakta yang bisa membuat kita bertanya, sepertinya semua akan sia-sia. 

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment