Greta - Review

Greta - Review

Reviews - Greta - Review

Don’t mess with old lady!

15 April 2019, 18:38

Demi melupakan sang ibu yang baru meninggal, seorang perempuan muda bernama Frances (Chloë Grace Moretz) memutuskan pindah ke New York dan tinggal bersama sahabatnya, Erica (Maika Monroe). Suatu ketika, ia menemukan sebuah tas yang tertinggal di kursi subway. Namun karena masih terlalu naif, ia sama sekali tak ragu untuk mengembalikan tas tersebut ke alamat yang terdapat di tanda pengenal di dalam tas tersebut.

Ternyata pemilik tas tersebut adalah seorang janda bernama Greta (Isabelle Huppert). Merasa simpati dengan Greta yang kesepian setelah suaminya meninggal dan anaknya bersekolah di Prancis, serta merasa menemukan sosok pengganti sang ibu, Frances mulai sering menghabiskan waktu bersama Greta. Tapi lama-kelamaan, Greta justru seperti jadi semakin terobsesi dengan Frances, bahkan sampai menguntit ke tempat kerja dan apartemen Frances.

Sebagai sebuah thriller yang mengandalkan karakter psikopat sebagai mesin penggerak utamanya, Greta cukup beruntung memiliki Huppert sebagai pemeran antagonisnya. Meski sebagai perempuan paruh baya sama sekali tak terlihat mengancam secara fisik, tapi ekspresi dan kehadirannya bisa terasa cukup mengintimidasi.

Sementara untuk Moretz, penampilannya masih bisa dibilang aman. Memang tak istimewa, tapi rasanya masih pas dalam membawakan karakter Frances. Justru penampilan Monroe yang secara tak terduga mampu mencuri perhatian dan bisa sedikit memberi kesegaran lewat karakternya yang terlihat cuek, tapi penuh perhatian dan menyenangkan.

Elemen thriller-nya sendiri tak menampilkan sesuatu yang baru, pola dan formula terornya cukup terbaca. Untungnya, bagian ini masih ditunjang dengan kualitas produksi yang cukup baik, sehingga di beberapa bagian masih efektif dalam menghadirkan ketegangan yang cukup intens. Jam terbang sutradara Neil Jordan yang sudah aktif membuat film panjang sejak awal '80an dan paling sukses lewat The Crying Game yang dirilis pada 1992, sepertinya turut mempengaruhi gaya dan tone film ini yang terasa layaknya sebuah thriller dari era '80-'90an. Terasa familiar, tapi juga ada rasa nostalgia yang menyenangkan.

Sayangnya, sulit untuk tak terganggu dengan keputusan-keputusan konyol yang dilakukan beberapa karakternya di tengah situasi kritis. Logika penonton pun seperti sedikit diremehkan dengan hal-hal tersebut. Keterlibatan Stephen Rea sebagai seorang detektif swasta bernama Brian Cody di film ini juga seperti hanya agar Jordan bisa bereuni dengannya. Sungguh mubazir memberikan peran yang sama sekali tak signifikan pada aktor sekelas Rea.

Nutshell Jordan beruntung memiliki Huppert sebagai psikopat yang terlihat mengintimidasi. Meski memiliki gaya dan tone yang sedikit mengingatkan pada thriller era ’80-‘90an, pola dan formula terornya cukup terbaca, keputusan-keputusan konyol para karakternya pun cukup mengganggu.

Rating R Director Neil Jordan Screenplay Ray Wright, Neil Jordan Cast Isabelle Huppert, Chloë Grace Moretz, Maika Monroe, Colm Feore, Stephen Rea Running time 98 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment