Film Kesetaraan Gender Wajib Tonton

Film Kesetaraan Gender Wajib Tonton

Film Kesetaraan Gender Wajib Tonton

Netflix tidak melulu mengenai komedi romantis atau film fantasi, beberapa film internasional ini pantas masuk dalam daftar tonton kamu musim libur ini.

29 May 2019, 12:45

Penulis : Edward Paath

Kesetaraan gender adalah hal yang terus diperjuangkan oleh perempuan di seluruh dunia. Sebab, patriarki nyatanya memang masih terus terjadi di beberapa negara di era modern.

Berikut adalah 5 film Netflix dari berbagai negara yang mengisahkan tentang perjuangan perempuan. Semuanya wajib ditonton bagi kalian para perempuan yang rindu pada kesetaraan.

Ixcanul

Ixcanul merupakan film asal Guetemala yang 100% mempergunakan bahasa Kaqchikel. Film ini berfokus pada kehidupan penduduk asli Guetemala yang jarang terekspos media.

Film bercerita tentang tokoh Maria, seorang perempuan berusia 17 tahun yang harus hidup layaknya Siti Nurbaya karena dijodohkan dengan laki-laki berusia jauh lebih tua dan memiliki tiga anak. Namun, Maria jatuh cinta pada Pepe, seorang pemuda yang bekerja sebagai tukang kebun.

Bersama Pepe, Maria melakukan hubungan seks pertamanya dan hamil. Ketika berharap Pepe akan bertanggung jawab dan perjodohannya dibatalkan, Maria justru harus bernasib sial karena semua tak berjalan sesuai rencana.

Ujung dari film ini memang amat menyayat hati. Namun, Ixcanul mengangkat problematika hidup seorang perempuan Guatemala yang kerap terlupakan.

Directed by Jayro Bustamante Cinematography by Luis Armando Starring Maria Mercedes Coroy, Maria Telon, Manuel Antun Release date August 28, 2015 Duration 100 minutes

Queen

Rani adalah seorang perempuan asal India yang akan menikah dengan pria pujaan hatinya, Vijay. Ketika hari pernikahan sudah dekat, Vijay justru mundur dan mengatakan seribu satu alasan untuk lepas dari Rani.

Ketika kesedihan sudah memuncak, Rani memutuskan untuk pergi seorang diri ke Paris dan Amsterdam, kota di Eropa yang mulanya menjadi destinasi bulan madu. Selama melakukan prejalanan, Rani menemukan banyak teman dan jati diri baru.

Film Queen cocok untuk disaksikan oleh para perempuan yang baru saja putus cinta. Sebab, film ini mengajak kaum perempuan untuk memiliki harga diri dan tidak menggantungkan harapan pada orang lain. 

Directed by Vikas Bahl Screenplay by Vikas Bahl Starring Kangana Ranaut, Rajkummar Rao, Lisa Haydon Release date March 7, 2014 Duration 146 minutes

Much Loved

Much Loved adalah film kontroversial yang mengangkat cerita tentang empat pekerja seks komersial di Maroko. Film ini tak boleh tayang di Maroko karena dinilai merendahkan harga diri perempuan dan negara.
Namun, justru itulah yang diharapkan oleh sutradara Nabil Ayouch. Ia ingin memberi tahu pada masyarakat dunia bahwa ada sangat banyak perempuan yang terpaksa menjadi pekerja seks di Maroko karena pemerintah tidak memberi para perempuan kesempatan kerja yang setara dengan laki-laki.

Berkat film ini pula pemerintah akhirnya menyadari industri seks yang telah berkembang pesat di Maroko. Artinya, film Much Loved memberi dampak positif secara langsung pada kehidupan perempuan di Maroko.

Directed by Nabil Ayouch Screenplay by Nabil Ayouch Starring Loubna Abidar, Asmaa Lazak, Halima Karaoune Release date April 14, 2016 Duration 104 minutes

Difret

Difret merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata seorang perempuan Ethiopia bernama Aberash Bekele. Bekele dikenal sebagai wanita yang berani menembak mati seorang pria yang memperkosa dirinya.

Film mengikuti perjalanan sidang Berkele yang berliku. Puncaknya  Berkele akhirnya memenangkan sidang dan dinilai tidak bersalah oleh pengadilan tinggi Etiophia. 

Film Diferet ditulis dan disutradarai oleh Zeresenay Berhane Mehari, sedangkan Angelina Jolie bertugas debahai eksekutif produser. Melalui film ini, Berhane dan Jolie ingin mengajak orang di seluruh dunia untuk lebih memperhatikan kesejahteraan perempuan Ethiopia yang kerap tertindas.

Directed by Zeresenay Berhane Mehari Produced by Angelina Jolie Starring Meron Getnet, Tizita Hagere, Haregewine Assefa Release date Maret 12, 2015 Duration 99 minutes

Dukhtar

Film asli Pakistan ini cocok untuk ditonton oleh ibu dari seluruh dunia. Sebab, Dukhtar menceritakan tentang perjuangan berat seorang ibu dalam menyelamatkan anaknya dari hidup yang sengsara.

Diceritakan bahwa anak dari Allah Rakhi yang bernama Zainab (10 tahun) hendak dijodohkan dengan kepala desa. Rakhi tak ingin sang anak kehilangan masa kecilnya yang bahagia dan memutuskan untuk kabur dari desa.

Demi kemerdekaan Zainab, Rakhi siap untuk menghadapi kerasnya dunia dalam petualangan yang menyayat hati dan mengharukan.

Directed by Afia Nathaniel Screenplay by Afia Nathaniel Starring Saleha Aref, Samiya Mumtaz, Mohib MirzaRelease date September 18, 2014 Duration 93 minutes


0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment