Film Horor 2019 Terbaik (So Far...)

Film Horor 2019 Terbaik (So Far...)

Film Horor 2019 Terbaik (So Far...)

Us hingga Climax ada di dalam daftar ini

20 June 2019, 07:05

Tahun 2019 memang belum berakhir, namun sudah tayang banyak film horor Hollywood dengan gaya berbeda-beda yang tentunya menarik dan unik. Mari simak apa saja film horor yang telah rilis dan patut untuk ditonton oleh pecinta film di seluruh dunia.

Us

Universal Pictures

Jordan Peele menghadapi tantangan sulit ketika menggarap Us. Sebab, film pertamanya, Get Out, bukan hanya digadang-gadang sebagai game-changer film horor Hollywood, namun juga memenangkan Piala Oscar. Namun, pada akhirnya kesuksesan Us dari segi box office menjadi bukti bahwa Peele mampu membuat film yang sama bagusnya dengan Get Out

Di film ini, Peele bermain pintar dengan tidak mempergunakan alur cerita yang mirip seperti Get Out dan langsung mempertontonkan kejadian aneh saat sebuah keluarga diserang oleh para doppleganger yang mengerikan. Tetap mengandung unsur historis kaum kulit hitam di Amerika Serikat, film Us terasa lebih gore dan bersimbah darah jika dibandingkan Get Out

Bermodalkan naskah yang digodok secara matang, Peele berhasil menjalin kerjasama yang baik dengan aktris Lupita Nyong’o. Dibantu oleh horor scoring dari Michael Abels dan sinematografi penuh estetis dari Mike Gioulakis, Us menjadi satu karya masterpiece Peele yang akan dikenang dari masa ke masa.

Rating R Directed by Jordan Pelee Screenplay by Jordan Pelee Starring Lupita Nyong'o, Winston Duke, Elisabeth Moss Release date March 8, 2019 Duration 116 minutes

Climax

Wild Bunch

Filmmaker asal Prancis Gaspar Noe selalu berhasil menyajikan film kontemporer dengan gaya yang tak biasa dan inovatif. Film terakhirnya yang bertajuk Climax bisa dikatakan unik karena mengusung genre dance horror. Berlatarkan gudang besar di sebuah area bersalju, sekelompok penari profesional diceritakan tengah berlatih sambil berpesta. Semua pada akhirnya berujung kacau setelah tanpa sadar para penari meminum air yang telah tercampur LSD. 

Poin plus datang dari Sofia Boutella yang berperan sebagai Selva. Boutella memang berprofesi sebagai penari di kehidupan nyata, namun caranya berakting di Climax amat emosional dan keren untuk disaksikan. Saat para penari belum terpengaruh LSD, Noe juga mampu dengan baik menyorot aksi para penari. Ketika reaksi kimia LSD mulai menggila, Noe memberi nuansa estetik dengan pemilihan angle yang luar biasa menarik dengan kesan psychedelic.

Climax membuktikan bahwa film horor bisa dipadukan dengan performance art yang biasanya digambarkan secara menyenangkan. Film ini akan membawa siapa saja yang menonton terhanyut dalam asyiknya pesta dansa, hingga akhirnya mulai ngeri, jijik, dan berharap film bisa segera berakhir.

Rating R Directed by Gaspar Noe Screenplay by Gaspar Noe Starring Sofia Boutella, Kiddy Smile, Roman Guillermic Release date March 1, 2019 (USA) Duration 97 minutes

The Hole in the Ground

A24

The Hole in the Ground adalah debut sutradara Lee Cronin bersama A24. Film ini bercerita tentang seorang ibu bernama Sarah, (Seana Kerslake), dan anaknya Chris (James Quinn Markey), yang pindah dari kota ke pedesaan Irlandia untuk keluar dari rasa trauma di masa lampau.

Sesampainya di rumah baru di kawasan pedesaan tersebut, Sarah justru merasa gila karena sifat Chris lambat laun berubah menjadi aneh dan jahat. Perubahan yang dialami Chris nyatanya dimulai setelah sebuah lubang secara misterius tiba-tiba muncul di area rumah Sarah. Nyatanya film dengan sub-genre evil kid sudah pernah dipopulerkan oleh Omen. Namun, memang hubungan ibu dan anak pasti terasa kian ironis jika ditampilkan dalam film horor.

Rating R Directed by Lee Cronin Screenplay by Lee Cronin, Stephan Shields Starring Seana Kerslake, James Quinn Markey, James Cosmo Release date January 25, 2019 Duration 90 minutes

Braid

Blue Fox Entertainment

Layaknya Climax, Braid adalah satu film horor dengan kualitas sinematografi yang mampu memuaskan mata. Diceritakan bahwa dua wanita muda (diperankan oleh Imogen Waterhouse dan Sarah Hay) berupaya kabur dari hukum dan hendak mencuri dari sahabat lamanya (diperankan oleh Madeline Brewer) yang terkenal kaya raya. Sejak dahulu, sang teman lama ini memang terkenal aneh, namun dua wanita tersebut tidak pernah sadar kalau ia sebenarnya psycho.

Demi mencuri uang, dua wanita muda tersebut mau untuk mengikuti permainan yang diberi oleh sang sahabat lama. Uniknya, permainan itu memiliki tiga peraturan, pertama, semua orang harus ikut bermain, kedua, tidak boleh ada orang luar yang terlibat, dan ketiga, tidak boleh ada yang berhenti di tengah-tengah permainan. Mulanya semua berjalan normal, namun ketika permainan mulai terasa penuh halusinasi dan aneh, dua wanita tersebut mulai merasa sepertinya mendapat uang banyak tidak senilai dengan penderitaan yang dialami. 

Dalam film ini, filmmaker Mitzi Peirone mampu dengan baik bekerjasama dengan tiga artis tersebut. Ia juga cerdas dalam meramu cerita dengan alur naik turun bak rollercoaster. Belum lagi estetika sinematografinya yang apik dan layak untuk disaksikan.

Rating R Directed by Matzi Peirone Screenplay by Matzi Peirone Starring Imogen Waterhouse, Sarah Hay, Madeline Brewer Release date January 10  2019 Duration 82 minutes

Horror Noire

Shudder

Apakah Horror Noire adalah film horor? Bukan. Bukankah artikel ini tentang film-film horor terbaik di tahun 2019? Ya, tapi film dokumenter Horror Noire patut disaksikan oleh lebih banyak orang. 

Digarap oleh Xavier Burgin, film ini mengulas tentang sejarah representasi orang-orang kulit hitam di film horor Hollywood. Dalam film ini ada berbagai film horor yang menampilkan orang-orang kulit hitam, mulai dari Birth of a Nation karya D. W. Griffith hingga Get Out karya Jordan Peele. Dianalisa pula bagaimana pengaruh film-film cult classic, seperti Night of the Living Dead, Blacula, and Candyman

Hasilnya, karya dokumenter Horror Noire mampu memberi representasi menarik terkait sineas Hollywood dengan nilai historis yang kental. Berkat film ini, orang-orang diharapkan bisa semakin menghargai kehadiran orang-orang kulit hitam yang telah menjadi pelaku industri film Hollywood sejak berabad-abad lalu.

Rating N/A Directed by Xavier Burgin Screenplay by Ashlee Blackwell, Danielle Burrows Starring Meosha Bean, Ashlee Blackwell, William Crain Release date February 2019 Duration 83 minutes

Nutshell:

Lima film di daftar ini setidaknya menunjukkan bahwa peruntungan film-film horor di tahun ini akan sangat baik. Baru sampai tengah tahun saja, sudah ada beragam film horor yang digarap secara baik dan keren.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment