Dumbo – Review

Dumbo – Review

Reviews - Dumbo – Review

Magical elephant

27 March 2019, 07:45

Veteran Perang Dunia I dan mantan bintang sirkus, Holt Farrier (Colin Farrell), kembali ke kelompok sirkus milik Max Medici (Danny DeVito) yang pernah membesarkan namanya. Ia pernah menjadi bintang di sana karena kemampuannya dalam menunggang kuda. Namun saat Holt pergi berperang, sang istri yang juga penunggang kuda di kelompok sirkus tersebut meninggal, sehingga tak ada lagi yang menunggangi kuda-kuda milik Medici. Dengan begitu, Medici terpaksa menjual kuda-kudanya karena desakan kondisi ekonomi.

Hal tersebut membuat Holt harus menerima tugas baru dari Medici sebagai penjaga gajah bersama kedua anaknya, Milly (Nico Parker) dan Joe (Finley Hobbins). Tak lama kemudian, gajah tersebut pun melahirkan bayi gajah, yang kemudian diberi nama Dumbo, yang memiliki telinga sangat lebar. Meski awalnya menjadi bahan tertawaan, namun setelah Milly dan Joe tahu jika telinga lebar Dumbo justru membuatnya bisa terbang, Dumbo langsung jadi primadona sirkus Medici. Pengusaha hiburan sukses, V. A. Vandevere (Michael Keaton), pun kemudian tertarik untuk membuat pertunjukan Dumbo dengan ahli trapeze terkenal, Colette Marchant (Eva Green).

Diadaptasi dari film klasik Disney tahun 1941 yang diangkat dari novel karya Helen Aberson dan Harold Pearl, sutradara Tim Burton dan penulis naskah Ehren Kruger bisa membuat kisah Dumbo lebih relevan dengan kondisi masa kini, di mana semakin banyak orang yang sensitif dengan isu-isu kekerasan terhadap binatang, terutama dalam penggunaannya untuk dunia sirkus. Sebagai film yang disiapkan untuk bisa ditonton segala umur, film ini bisa menunjukkan pada penonton cilik betapa tidak kerennya berbuat kasar terhadap binatang. Tapi semua itu bisa dilakukan dengan halus dan tanpa menggurui, proporsinya terasa pas, sehingga Dumbo tetap bisa tampil menyentuh dan mengharukan di beberapa bagian, serta ringan dan menghibur di bagian lainnya.

Memang tak terlalu sulit untuk menikmati Dumbo. Plotnya tak rumit dan karakter-karakternya cukup komikal. Bagi penonton dewasa yang mungkin menganggapnya terlalu datar dan klise, Burton mampu memberikan hiburan lain dalam bentuk visual yang memikat. Rasanya, Dumbo memang materi yang sangat aman untuk dipegang sutradara dengan gaya seperti Burton. Pertunjukan sirkusnya bisa terlihat memukau, sementara set dan desain taman bermain milik Vandevere terasa memiliki daya magis yang kuat.

Penampilan Dumbo juga terlihat hidup, interaksinya dengan para aktor manusia terasa nyata. Sementara aksinya saat terbang cukup mendebarkan. Dengan daftar cast sekelas Farrell, DeVito, Keaton, hingga Green, mereka semua mampu tampil aman dalam memainkan peran-perannya. Bisa dibilang juga, peran-peran komikal di film ini bukanlah tantangan yang terlalu sulit bagi mereka.

Secara keseluruhan, sebagai film pertama dari proyek-proyek adaptasi live-action Disney yang dirilis tahun ini, Dumbo telah berhasil menjadi pembuka yang cukup menjanjikan untuk yang lainnya.

Nutshell Burton dan Kruger membuat kisah klasik Disney ini lebih relevan dengan isu-isu kekerasan terhadap binatang, tapi dengan tetap tampil menyentuh, ringan, menghibur, dan tentu saja dengan visual memikat.

Rating PG Director Tim Burton Screenplay Ehren Kruger Cast Colin Farrell, Michael Keaton, Danny DeVito, Eva Green, Nico Parker, Finley Hobbins, Alan Arkin Running time 112 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment