Dukungan Good Pitch Indonesia Terhadap 5 Film Dokumenter

Dukungan Good Pitch Indonesia Terhadap 5 Film Dokumenter

Dukungan Good Pitch Indonesia Terhadap 5 Film Dokumenter

Lima film tersebut adalah Pesantren, Bara, Hidup Dengan Bencana, Menggapai Bintang, dan Waste on My Plate.

09 August 2019, 07:05

Sukses dengan Good Pitch Asia Tenggara pada 2017, In-Docs bekerjasama dengan Bekraf, serta beberapa mitra lain menggelar Good Pitch Indonesia. Acara yang akan digelar pada 5 September mendatang itu akan fokus pada film-film dokumenter Indonesia, program mentoring, dan live crowd-sourcing yang inovatif. Tujuannya, untuk memperluas dampak sosial film-film dokumenter terpilih. 

Saat ini Good Pitch Indonesia telah memilih 5 film yang dinilai menawarkan kisah unik dan inspiratif, mulai dari cerita di balik tembok pesantren di Cirebon hingga cerita di balik asap tebal kebakaran hutan di Kalimantan Tengah. Lima film tersebut masih dalam tahap produksi dan tahap akhir pra produksi, karena itu diharapkan semua sektor di masyarakat bisa memberi dukungan, dari segi pendanaan, koneksi kepada pembuat kebijakan, dan bantuan spesialis.

Berikut adalah 5 film terpilih dalam Good Pitch Indonesia 2019:

1. Pesantren (A Boarding School) 

Disutradarai oleh Shalahuddin Siregar, film ini akan memperlihatkan potret intim dari sebuah pesantren di kawasan Cirebon, Jawa Barat. Di sana, semua santri diajarkan tentang perdamaian dan toleransi, juga tentang bertanggung jawab dalam hidup. 

2. Bara (The Flame)

Film 'Bara' akan mengambil sudut pandang dari seorang tokoh adat Dayak Ngaju di Palangkaraya bernama Iber Djamal (77) yang telah menyaksikan puluhan tahun deforestasi di Kalimantan. Disutradara oleh Arfan Sabran, film ini akan mengikuti perjuangan Iber dalam menyelamatkan tanah leluhurnya dari perusahaan kelapa sawit yang invasif.  

3. Hidup Dengan Bencana (Living On Top Of The Fault) 

Dalam membuat film ini, sutradara Yusuf Radjmuda terilhami dari tsunami dahsyat yang meluluh lantahkan tanah Palu beberapa waktu lalu. Film akan memperlihatkan bagaimana masyarakat Palu terus menjalani hidup di sisa-sisi kota Palu ada pula seelompok warga selamat yang menginisiasi program literasi agar pengetahuan tentang mitigasi bencana, baik dari kebijaksanaan lokal, ilmu pengetahuan, dan sejarah, bisa diteruskan ke generasi berikutnya.  

4. Menggapai Bintang (Aim For The Stars)

Film dokumenter ini akan amat menyentuh karena menceritakan tentang persahabatan dua gadis tuna netra. Disutradara oleh Ucu Agustin, akan diperlihatkan bagaimana dua gadis itu mengapai mimpi di dunia yang tidak dirancang untuk mereka.  

5. Waste On My Plate 

David Darmadi memilih satu tema yang menarik dan tak biasa dalam menggarap film ini. Ia ingin publik mengetahui pengamatannya terkait manusia dan sampah plastik. Akan diperlihatkan pula bagaimana proses limbah yang telah kita buang kembali lagi ke piring kita.  

Lima film tersebut terpilih setelah melalui proses seleksi yang ketat. Selama empat bulan, film-film ini telah menyusun strategi, menyusun kampanye, dan mengikuti lokakarya intensif untuk pengembangan cerita dan distribusi dampak. 


Di live event Good Pitch, setiap tim film akan mempresentasikan film dan rencana dampak mereka dalam waktu tujuh menit. Tujuan dari live event ini, untuk melihat materi tambahan dari film, mendengar lebih banyak tentang subjek film, mengeksplorasi kemungkinan kolaborasi, bertukar pikiran tentang strategi kampanye, dan membuat daftar mitra potensial dan kemungkinan langkah selanjutnya.


Nutshell:

Good Pitch Indonesia 2019 akan digelar pada 5 September mendatang. Dalam acara itu, akan tampil 5 film dokumenter dengan kisah paling unik dan menarik.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment