Ari Irham Ceritakan Pengalaman Shooting Film Ratu Ilmu Hitam dan Peran Impian

Ari Irham Ceritakan Pengalaman Shooting Film Ratu Ilmu Hitam dan Peran Impian

Ari Irham Ceritakan Pengalaman Shooting Film Ratu Ilmu Hitam dan Peran Impian

Ari Irham akan perankan tokoh Sandi di film garapan Kimo Stamboel itu.

01 November 2019, 07:05

Aktor Ari Irham selama ini terkanl berkat film adaptasi Webtoon yang bertajuk Terlalu Tampan. Jika biasanya aktor muda akan bertahan dengan peran-peran di film drama atau komedi, Ari justru mengambil tantangan berat dengan terlibat di film Ratu Ilmu Hitam. Film tersebut disutradarai oleh Kimo Stamboel dengan naskah karya Joko Anwar. Ratu Ilmu Hitam pun merupakan karya reboot dari film terdahulunya yang dibintangi oleh Suzzanna dan rilis pada 1981.

Beberapa waktu lalu, Ari sempat bercerita tentang bagaimana pengalamannya bermain di film horor perdananya. Selain itu, ia juga mau menceritakan apa bagian tersulit dari berperan di film Ratu Ilmu Hitam juga peran harapannya yang sangat ingin didapat di masa depan.

Instagram/@ratuilmuhitam.official


Ini film horror thriller pertama kamu ya?
Ari: Iya nih. Ini horror pertama. Makanya aku ga sabar banget mau nonton nanti tanggal 7 November.

Gimana keseruan main di film horor? Lebih sulit atau lebih mudah dibanding film drama?
Ya, ini pengalaman baru lah ya. Karena kan pertama kali dan banyak banget teknis-teknis yang aku ga tahu. Ya, persiapannya beda aja gitu. Tapi, menurut aku ini menarik sih, karena main horor tuh susah dan imajinasinya harus sangat kuat. Gimana aku bisa mengeksplorasi ketakutan atas sesuatu yang mungkin belum pernah aku alami gitu.

Kalau boleh tahu, apa sih persiapan yang beda di film horor? Boleh kasih contoh?
Kalau di horor ini tuh kan ada pakai sling, yanh diangkat-angkat gitu loh. Kalau film biasa kan ga ada. Jadi, ya, ini pertama kali. Ini juga kali pertama aku bertemu dengan props yang aneh, kayak kelabang dan banyak props horor lain lah.

Sempat cidera ga saat menggunakan sling, kan belum pernah?
Ga sih. Karena kan ada tim yang handle, jadi sudah ngerti juga bagaimana cara menangani orang yang menggunakan sling. Ya alhamdulilah ga ada yang kenapa-kenapa. Tapi itu pengalaman menarik sih, karena akhirnya aku bisa keluar dari zona nyaman aku.

Kan baru sekali main horor, ada trik-trik khusus ga untuk memunculkan rasa takut kamu?
Itu juga seru. Jadi, sebelum shooting kita ada sesi, cast yang milenial nih, kayak aku, Julio, Muzzaki, Shenina, kita di coaching untuk mengimajinasikan ketakutan terbesar kita. Kalau aku tuh coba mengimajinasikan dan mengeksplorasi rasa takut pada ruang sempit yang gelap. Karena, aku takut banget tuh sama dua hal itu, ruang sempit dan gelap. Setelah mengimajinasikan, kita harus teriak sekeras mugkin. Sesi itu sangat membantu sih buat aku. Jadi, ekspresi aku bisa lebih keluar pas take.

Tapi apa sih alasan utama kamu mau menerima tawaran bermain di film Ratu Ilmu Hitam?
Karena menurutku, film ini beda aja sih. Di sini kan yang diangkat itu santet ya, dan di film horor lain itu lebih banyak mengeksplor hantu dan jumpscare, ga pernah eksplor santet itu apa. Karena santet itu kan sebenernya lebih seram daripada hantu. Kita ga tahu siapa yamg melakukan, tapi bisa secara nyata menyakiti diri kita.

Memangnya, tema santet gitu masih relevan ya di era modern?
Menurutku sih masih ya. Karena kan santet itu dari dulu sudah jadi kultur kan dan banyak terjadi juga di Indonesia sampai sekarang. Ya, kita di sini mau mengingatkan aja ke orang-orang bahwa santet tuh seram loh dan menjadi salah satu kultur Indonesia yang ga ada di negara lain gitu.

Kamu sempat riset atau setidaknya menonton film Ratu Ilmu Hitam versi Suzzana?
Sebelumnya memang aku belum pernah nonton film-film Suzzanna. Tapi, Ratu Ilmu Hitam sendiri aku udah nonton. Dari film itu tuh yang aku lihat sih keren banget ya. Karena, itu kan tahun 1981 dan semuanya tuh udah gila banget, semua practical effect-nya keren banget. Aku ga sangka aja di tahun 1981, Indonesia bisa bikin film segila itu.

Tapi, dari trailer kan terlihat di sini banyak adegan gore yang sadis, kamu ga geli?
Sebenernya justru seru sih. Ya, jijik sih pasti ada ya. Tapi kan itu yang menantang gitu. Malah itu salah satu alasan kenapa aku mau main di sini.

Instagram/@ratuilmuhitam.official

Bagaimana respon orang tua atau keluarga kamu setelah melihat trailer film ini?
Kata mereka ini gila sih, sadis banget. Mereka ga nyangka gitu aku mau main di film kayak gini. Terus beberapa dari mereka juga bilang, katanya ga mau nonton.

Jadi ketagihan main di film horor ga sih?
Aku sebenarnya pengen versatile sih. Jadi ya, ga cuma horor, drama, atau komedi aja. Aku selalu mau coba eksplor semua genre di masa depan. Jadi ya,  mungkin di masa depan aku akan ambil lagi film horor, tapi bisa juga ga. Karena mau coba yang lain juga.

Peran impian kamu seperti apa sih?
Aku tuh pengen banget main di film yamg eksperimental gitu. Aku soalnya suka banget film-film yang menguras mental dan fisik seorang aktor, seperti film Hereditary. Aku suka bgt skripnya dan bagaimana perkembangan mental dan psikologisi tokoh itu gitu. Ya, film psychological thriller gitu lah.

Nutshell:
Ari Irham adalah salah satu aktor muda yang berperan di film reboot Ratu Ilmu Hitam garapan sutradara Kimo Stamboel dan Joko Anwar yang bertugas sebagai penulis naskah. Ari pun mau menceritakan seperti apa keseruan bermain di film tersebut. Selain itu, ia juga mau menceritakan apa peran impiannya di masa depan.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment