5 Serial Dokumenter Netflix yang Wajib Ditonton

5 Serial Dokumenter Netflix yang Wajib Ditonton

5 Serial Dokumenter Netflix yang Wajib Ditonton

Serial dokumenter kini mulai mendapatkan tempat di hati para penikmat dunia sinematik. Selain menampilkan gambar yang lebih jujur dan bercerita, kisah-kisah nyata dari para tokoh biasanya menjadi daya

01 May 2019, 14:15

Serial dokumenter kini mulai mendapatkan tempat di hati para penikmat dunia sinematik. Selain menampilkan gambar yang lebih jujur dan bercerita, kisah-kisah nyata dari para tokoh biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton. Semenjak layanan streaming mulai menjamur, konten-konten serial dokumenter pun semakin bertambah secara kuantitas.

Salah satu layanan streaming terbesar, Netflix, mulai semakin serius dalam menggarap serial-serial dokumenternya. Dengan varian tema serial dokumenter yang kian meluas, Netflix termasuk layanan streaming yang sukses memuaskan para penggunannya. Kami telah merangkum beberapa serial dokumenter yang wajib kamu tonton di Netflix.


1. Street Food

Street Food tengah menjadi primadona dan perbincangan di dunia maya saat ini. Serial tentang olahan makanan jalanan ini terbukti sukses merebut hati pengguna Netflix dari berbagai belahan dunia. Dirilis pada tanggal 26 April 2019, Street Food mengambil tema makanan-makanan jalanan dari negara-negara Asia.

Total ada sembilan episode yang ditayangkan oleh Netflix untuk serial ini. Negara-negara yang mendapat sorotan khusus tentang dunia kulinernya adalah Thailand, Jepang, India, Indonesia, Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Episode keempat atau Indonesia kerap menjadi perbincangan di dunia maya lantaran kisah hidup inspiratif dari seorang penjajak jajanan pasar bernama Mbah Satinem. 

Penjual jajanan pasar asal Yogyakarta ini memiliki sejarah hidup yang panjang tentang bagaimana ia bertahan menjual barang dagangannya hingga saat ini. Narasi natural dari Mbah Satinem dinilai menjadi kunci mengapa episode ini begitu sukses menyedot animo masyarakat.

Meski usianya sudah tak muda lagi, Mbah Satinem tetap memiliki semangat untuk bisa melayani para langganannya di Yogyakarta. Keseharian Mbah Satinem yang sederhana dan senang menghibur menjadi sebuah tontonan haru meski tema utama yang ditawarkan adalah soal makanan.

Creators David Gelb & Brian McGinn First episode date December 18, 2015 Cinematography Alexander D. Paul (5 ep) & Matthew Chavez (4 ep) Directors Laura Ricciardi & Moira Demos Running time 30 – 35 mins


2.  Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes

Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes menceritakan tentang kisah hidup salah satu serial killer dari Amerika Serikat yang membunuh sejumlah korban perempuan pada era 1970an.  Tayangan karya Joe Berlinger ini sempat mendapatkan perhatian dari para pengguna Netflix ketika tayang pada 24 Januari 2019.

Ted Bundy Tapes berisi empat episode yang mengisahkan Ted Bundy lewat rekaman-rekaman wawancara bersama dua jurnalis, Stephen Michaud dan Hugh Aynesworth. Hasil rekaman ini mengungkap banyak fakta menarik dari kepribadian aneh Ted Bundy. Dalam episode pertamanya saja, Ted Bundy, digambarkan sebagai seorang jenius yang kejam, penuh tipu muslihat, dan manipulatif. Fakta lain yang terungkap dari sosok tampan bernama asli Theodore Robert Cowell ini adalah bahwa dirinya mantan pekerja sosial dan seorang aktivis kampanye politik.

Banyak pihak meragukan Ted Bundy adalah seorang serial killer. Latar belakang kehidupannya memang tak mengarahkan Ted sebagai satu di antara mereka. Namun siapa sangka jika Ted menjual ketampanannya untuk mendekati para wanita sebelum menghabisi nyawa-nyawa mereka. Berkat ramainya perbincangan soal Ted Bundy, salah satu rumah produksi Hollywood akhirnya mengumumkan akan menggarap sebuah film biopik tentang sang serial killer.

Creators Joe Berlinger First episode date January 24, 2019 Cinematography Adam Stone Directors Joe Berlinger Running time 60 mins


3.       Our Planet

Sebuah serial dokumenter yang bisa banyak menambah wawasan tentang makhluk hidup adalah Our Planet. Beranjak dari keresahan tentang bagaimana kehidupan-kehidupan di planet kita berjalan, David Attenborgh fokus dalam menyoroti keanekaragaman habitat di seluruh dunia. Penonton akan dibawa menjelajah mulai dari Arctic yang terpencil, kehidupan bawah laut yang misterius, luasnya padang rumput di Afrika, hingga menelusuri hutan di Amerika Selatan.

Kekuatan utama dari Our Planet terletak pada dua hal, yakni pengambilan gambar dan narasi yang mengena. Our Planet dapat merangkum satu episode dengan tak lupa menyertakan pesan agar para penonton bisa menjaga kelangsungan kehidupan-kehidupan di planet kita.

Our Planet memiliki sembilan episode seru yang tentunya akan sangat sayang jika kamu lewatkan.

Creators Alistair Fothergill & Keith Scholey Narrated David Attenborgh First episode date April 5, 2019 Cinematography Roger Horrocks Directors Alastair Fothergill Running time 48– 53 mins


4.       Making a Murderer

Serial dokumenter tentang kejahatan entah mengapa selalu mendapatkan banyak penggemar di industri perfilman. Making a Murderer merupakan sebuah contoh kesuksesan dari penayangan konten berbau kejahatan. Netflix pertama kali merilis serial ini pada tahun 2015. Dengan jumlah penonton yang banyak, serial ini pun berlanjut hingga season dua yang dirilis pada 2018.

Banyak orang mengatakan bahwa Making a Murderer adalah serial dokumenter terpopuler di Netflix. Kamu akan bisa menemukan jawabannya langsung dari episode pertama mereka.

Making a Murderer menceritakan tentang kasus Steven Avery dan keponakannya, Brendan Dassey, yang ditahan karena membunuh seorang fotografer bernama Teresa Halbach. Namun kasus yang ringan ini malah menjadi rumit dan menarik untuk diikuti ketika tangan dingin Moira Demos dan Laura Ricciardi membawa kamu ke dalam sistem yang tampaknya dirancang untuk menghasilkan putusan bersalah daripada menemukan kebenarannya sendiri.

Creators Dolores Avery, Steven Avery, Ken Kratz First episode date December 18, 2015 Cinematography Moira Demos & Iris Ng Directors Laura Ricciardi & Moira Demos Running time 47 – 77 mins


5.       Chef’s Table

Chef’s Table merupakan jagoan lain dari Netflix dalam genre serial dokumenter. Chef’s Table mengajak para penonton untuk masuk ke dalam berbagai restoran hebat yang tersebar di seluruh dunia dan membahas makanan-makanan terenak yang lahir dari tangan-tangan dingin chefnya.

Serial ini disutradarai oleh sutradara film dokumenter Netflix lain yang berjudul Jiro Dreams of Sushi. Sama halnya seperti Jiro, penggambaran karakter para chef sangat dipikirkan matang-matang di dalam keseluruhan cerita, tidak hanya sekadar membahas soal makanannya saja. Setiap episode membuka pintu dari kisah hidup individu-individu berbeda, dari chef yang sudah pernah mendapatkan penghargaan Michelin hingga mereka yang masih berjuang mendapatkan nama di industri restoran.

Chef’s Table merupakan sebuah tontonan santai yang menampilkan travel, makanan, dan cerita hidup orang dengan seimbang. Tontonan ini sangat menyenangkan untuk disaksikan karena tidak terlalu berat untuk dipikirkan.

Creators Dan Barber, Massimo Bottura & Bill Buford First episode date April 26, 2015 Cinematography Adam Bricker (9 ep), Matthew Chavez (1 ep) &Chloe Weaver (1ep) Directors Clay Jeter, Brian McGinn, Andrew Fried & Abigail Fuller Running time 50 mins

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment