5 Film Terbaik Stephen King

5 Film Terbaik Stephen King

5 Film Terbaik Stephen King

Stephen King dikenal sebagai penulis berbakat yang telah melahirkan berbagai karya. Ketika diadaptasi ke dalam film, beberapa di antaranya dianggap sukses besar.

22 August 2019, 07:05

Nama Stephen King tak bisa dilepaskan dari industri perfilman dunia. Berkat tangan dinginnya dalam menulis, terutama kisah-kisah horor, beberapa film hebat tercipta di Hollywood. Karya-karya adaptasi dari novel King kebanyakan memang berasal dari genre horor. Namun tak sedikit pula karyanya yang sukses meski tidak diisi oleh hal-hal berbau supranatural dan menakutkan. Karya-karyanya juga tak hanya diadaptasi ke medium film saja, beberapa ada yang menjadi mini series, TV series, atau bahkan buku komik. 

Dari sekian banyak film adaptasi dari karya Stephen King yang ada, kami telah memilih lima film terbaik yang tak boleh dilewatkan. 

Gerald's Game (2017)

Gerald's Game adalah sebuah film drama horor thriller yang menarik. Ide cerita dalam film ini begitu segar karena mengisahkan sepasang suami istri yang tengah beribur jauh dari rumahnya. Jessie (Carta Gugino) dan Gerald (Bruce Greenwood) tengah asyik memenuhi nafsu birahinya sebelum tiba-tiba serangan jantung membunuh Gerald. Cerita menjadi semakin menarik karena di saat bersamaan tangan Jessie terborgol ke ranjang. Rasa panik kian mencekam ketika suara-suara aneh dan kejadian-kejadian mistis datang di saat Jessie tak tahu bagaimana cara melepaskan diri dari kondisi tersebut.

Gerald's Game dirilis di Netflix pada 29 September 2017. Film ini menuai banyak pujian dari para kritikus film berkat akting memukau Carta Gugino. cara Mike Flanagan menyutradarai, serta konsep cerita yang baru dan menyegarkan.

Carrie (1976)

Salah satu mahakarya Stephen King yang membawa namanya sebagai raja horor melambung pada tahun 1976. Tak hanya itu saja, Brian De Palma yang bertindak sebagai sutradara pun menuai banyak pujian karena sukses menerjemahkan Carrie ke dalam medium audio visual dengan cukup baik.

Sissy Spacek 'Carrie'

Carrie White (Sissy Spacek) dikenal sebagai gadis remaja pemalu yang teraniaya di sekolahnya. Carrie adalah contoh korban bullying anak-anak sekolah yang akhirnya tak sanggup lagi menahan amarahnya. Emosi Carrie akhirnya pecah dalam sebuah pesta perpisahan sekolah atau prom night ketika ilmu telekinesisnya membuat gempar seisi sekolah. De Palma juga dianggap sukses karena membuat sebuah adegan prom night yang tak terlupakan sepanjang masa di film ini.

Film Carrie sempat dibuat ulang dengan bintang baru, Chloe Grace Moretz. Sayangnya, film Carrie terbaru belum bisa menandingi sensasi horor yang disuguhkan seperti film pertamanya.

Stand By Me (1986)

Stand By Me merupakan bukti bahwa Stephen King tak hanya pandai dalam menulis cerita horor saja. Film ini merupakan sebuah film petualangan seru yang membawa pesan yang cukup dalam lewat empat karakter utama bernama Gordie Lachance (Wil Wheaton), Vern Tessio (Jerry O'Connel), Chris Chambers (River Phoenix), dan Teddy Duchamp (Corey Feldman). 

Kawanan anak-anak asal Oregon ini memulai perjalanan tak terlupakan mereka ketika menemukan sebuah mayat di dekat rumah mereka. Tanpa disangka, petualangan ini menjadi menarik dengan berbagai drama kecil menyentuh serta bumbu-bumbu komedi yang dimainkan dengan sangat apik oleh keempat anak tersebut. Stand By Me tentu akan selalu memiliki tempat tersendiri bagi para pencinta film drama komedi. 

The Shining (1980)

Stephen King mungkin tak akan pernah suka melihat The Shining berada diperingkat atas dalam karya-karya yang diadaptasi dari novelnya. Selama ini King selalu membenci film The Shining yang digarap oleh Stanley Kubrick ini. Sejatinya Kubrick hanya mengambil sedikit dari apa yang ada di dalam novel. Namun anehnya ia bisa mengubah novel tersebut menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa. 

The Shining dikenal sebagai film hebat karena di dalamnya ada penampilan ikonik dari Jack Nicholson, long-shot steady cam pada adegan lorong Hotel Overlook yang tak terlupakan, dan tentunya jalan ceritanya yang mengejutkan. 

The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption masih menempati posisi pertama sebagai film terbaik favorit para pengguna situs IMDb. Film ini ternyata merupakan adaptasi dari cerita yang dibuat oleh Stephen King. Frank Darabont berhasil membuat film ini menjadi satu karya tak terlupakan sepanjang sejarah perfilman dunia.

The Shawshank Redemption adalah sebuah film tentang persahabatan, tentang pentingnya menjaga impian serta mewujudkan impian itu walau kesempatan yang ada sangat kecil. Entah sampai kapan film ini bertahan sebagai film terbaik dari adaptasi Stephen King. 

Nutshell

Selain jago dalam menulis kisah horor fiksi, Stephen King juga dikenal berbakat ketika menggoreskan kisah-kisah tentang kehidupan dalam bentuk cerita drama. Hal itu terbukti dari film-film adaptasi dari tulisannya yang bertengger di posisi lima besar.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment