5 Film Terbaik Danny Boyle

5 Film Terbaik Danny Boyle

5 Film Terbaik Danny Boyle

Sutradara Inggris ini memang terkenal dengan film-film cultnya. Gaya directing serta cerita yang beragam membuktikan ia memang seorang sineas yang handal. Ini 5 film terbaik Danny Boyle.

24 June 2019, 07:05

Mungkin ia dikenal berkat adaptasi layar lebar novel karya Irvine Welsh, Trainspotting. Namun sebenarnya Boyle lebih dari seorang sutradara cult, ia telah membuktikan bahwa dirinya piawai memegang genre apapun, dan ia juga membuktikan bahwa film adalah sebuah medium dimana ia dapat dengan bebas menyampaikan ekspresinya. 

Sebelum kita menyaksikan Yesterday, yang merupakan film baru miliknya bersama penulis Richard Curtis yang akan tayang bulan Juli, mari kita lihat dulu 5 film Danny Boyle terbaik versi ALL FILM INDONESIA.

TRAINSPOTTING

Generasi 90an mungkin akan sangat familiar dengan film yang satu ini. Diangkat dari novel karya Irvine Welsh, Trainspotting merupakan film yang mempopulerkan nama Boyle ke dunia internasional. Dianggap sebagai sebuah film yang berhasil 'mewakili' kekacauan generasi 90an, Trainspotting juga sangat terkenal berkat soundtrack-nya yang sangat memorable. 

Berkisah mengenai sekumpulan pecandu heroin di Edinburgh. Film ini menjadi sangat signifikan karena keberhasilan Boyle mengangkat keadaan di kota tersebut dimana pada saat itu, ekonomi sedang sangat sulit dan banyak sekali anak muda yang tidak memiliki kerjaan tetap. 

SHALLOW GRAVE

Ini adalah film pertama Danny Boyle, dan film ini yang kemudian memperkenalkan kepiawaiannya membuat sebuah karya sinema pada dunia. Diproduksi sebelum Boyle mengerjakan Trainspotting, Shallow Grave adalah sebuah black comedy yang mengisahkan mengenai tiga orang sekawan yang mendapat rezeki mendadak ketika salah satu penghuni flat tempat mereka tinggal meninggal, dan meninggalkan sekantong penuh uang. 

Film ini merupakan karya pertama Boyle, film pertama yang diperankan Ewan McGregor dan juga film pertama produser Andrew MacDonald. Film ini dan juga Trainspotting dianggap sebagai dua film Inggris yang membangkitkan kembali gairah perfilman di negara Ratu Elizabeth itu di dekade 90an. 

28 DAYS LATER

Sebelum film ini muncul, zombie horror yang dipopulerkan oleh sineas George A Romero sedang berada dalam kondisi terburuknya. Dengan hadirnya teknologi-teknologi baru, zombie-horror menjadi semakin tidak menarik, dan film ini menjadi satu-satunya film yang membangkitkan nafas zombie-horror kembali. 

Dengan menggunakan formula yang jauh berbeda dengan yang ada sebelumnya, Boyle bereksperimen dengan film horror survival yang mengisahkan mengenai jatuhnya London dan Inggris kepada serangan virus yang menghancurkan dunia. 

Diceritakan dari sudut pandang karakter utamanya yang tiba-tiba bangun di rumah sakit dalam keadaan London yang kosong, 28 Days Later berhasil menjadi sebuah film horror yang menakutkan dan mengasyikkan. 

THE BEACH

Bercerita mengenai seorang remaja Amerika dan perjalanannya di Thailand, The Beach merupakan adaptasi dari novel karya Alex Garland, dan salah satu film Boyle yang prestasinya tidak begitu baik. Selain mendapat tekanan dari pemerintah Thailand karena penggambaran narkotika yang lumayan vulgar mengenai negara ini, tempat shooting pulau Ko Phi Phi juga sempat mengalami abrasi parah setelah Boyle dan timnya shooting di lokasi ini. 

Namun lepas dari semua keburukan yang terjadi, film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini tetap menjadi salah satu film Boyle yang menunjukkan jiwa petualangan yang luar biasa (satu lagi film Boyle yang mengangkat tema ini adalah 127 Hours, dan sedikit sulit untuk tidak memasukkannya dalam list ini). 

SLUMDOG MILLIONAIRE

Diilhami dari novel Q & A karya Vikash Swarup, film ini bercerita mengenai seorang anak kecil dan perjalanannya menjadi seorang miliuner dengan mengikuti acara televisi Who Wants To Be A Millionaire. Film ini berhasil memenangkan 8 penghargaan di ajang Oscar tahun 2009 di antaranya Best Picture, Best Director dan Best Adapted Screenplay. Dan film ini merupakan satu-satunya yang berhasil memenangkan penghargaan sebanyak itu dalam satu gelaran Oscar. 

Diperankan oleh Dev Patel, Slumdog Millionaire berhasil dengan baik menggambarkan kehidupan yang berada di strata sosial kelas bawah di kawasan kumuh sebuah kota di India, dan Boyle berhasil dengan baik men-translasi bahasa visual yang menawan dengan penggambarannya akan India. Selain diisi dengan lagu-lagu keren sebagai soundtracknya, film ini juga memilki alur cerita yang menarik untuk diikuti dan disertai dengan sinematografi yang menyenangkan di mata. 

Setelah 5 film tadi dari Danny Boyle yang harus banget kamu masukin dalam list nonton kamu, ada satu film lagi dari Danny Boyle yang sebenarnya bukan sebuah film, melainkan sebuah docu-drama mengenai perjalanannya ke Israel dan pengalamannya menginap di hotel yang didesain oleh seniman underground Inggris, Banksy. Just because we love the one hour docu so much, we're sharing it for you.....

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment