5 Film Horor Indonesia Terbaik Era 80an

5 Film Horor Indonesia Terbaik Era 80an

5 Film Horor Indonesia Terbaik Era 80an

Mulai dari Pengabdi Setan hingga Bayi Ajaib ada di daftar ini.

16 July 2019, 07:05

Industri sinema Indonesia dipenuhi film-film horor di era 80an. Karena sangat banyak, akhirnya beberapa film terkesan monoton dan kurang seru.

Namun, ada beberapa yang film horor era 80an yang keren dan seru untuk ditonton. Apa saja kan film-film itu?

Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Dirilis pada 1980, film Pengabdi Setan disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra. Bisa dikatakan, Pengabdi Setan adalah film horor zombie pertama buatan sineas Indonesia. Tak heran rasanya jika film ini bisa terkenal di berbagai negara Eropa, juga Amerika Serikat dan Jepang.

Film bercerita tentang keluarga kaya raya yang jauh dari agama. Masalah mulai terjadi saat sang ibu yang bernama Mawarti (Diana Suarkom) meninggal dunia. Ayah dari keluarga itu, Munarto (W.D. Mochtar), hanya peduli pada kehidupan bisnis miliknya, sedangkan si sulung Rita (Siska Karabety), kecanduan pesta. Hanya si bungsu Tomi (Fachrul Rozy) yang benar-benar terpukul karena kematian sang ibu.

Namun, karena tidak mengenal agama Tomi coba cari ketenangan dengan mempelajari ilmu hitam. Ilmu-ilmu yang dipelajari Tomi ini pada akhirnya justru membuat keluarganya menderita.

Adegan paling memorable dari film ini adalah ketika anggota keluarga dan kerabat yang meninggal bangkit dari kubur dan hidup lagi layaknya zombie. Bahkan ketika Joko Anwar me-reboot Pengabdi Setan dengan latar cerita yang baru, adegan mayat bangkit dari kubur tetap dipertahankan.

Rating N/A Directed by Sisworo Gautama Putra Screenplay by Sisworo Gautama Putra Starring Diana Suarkom, Fachrul Rozy, Siska Karabety Release date 1980 Duration 96 minutes

Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Film Ratu Ilmu Hitam karya sutradara Imam Tantowi bisa dikategorikan sebagai salah satu cikal bakal genre horror gore di Indonesia. Imam lebih banyak memasukkan unsur-unsur sadis ketimbang jump-scare ala film horor zaman sekarang.

Tokoh utama di film Ratu Ilmu Hitam yang bernama Murni diperankan oleh ratunya film horor Indonesia, Suzanna. Kehadiran Suzanna juga lah yang pada akhirnya membuat film tersebut semakin terasa menegangkan.

Dari segi alur cerita, film ini menceritakan tentang rumah tangga Kohar dan Baedah yang hancur setelah kedatangan makhluk jadi-jadian. Kohar menduga, Murni yang merupakan mantan istrinya sengaja mengirimkan makhluk jadi-jadian untuk merusak pernikahannya.

Ada twist menarik di akhir film. Sebab, diungkapkan bahwa dalang dari semua kekacauan yang terjadi antara Kohar, Baidah, dan Murni adalah Dukun Telun Gendon (W.D. Mochtar). Ia memperalat Murni untuk membalaskan dendam pribadinya pada Kohar.

Rating N/A Directed by Imam Tantowi Screenplay by Subagio Santani Starring Suzzana, W.D. Mochtar, Alan Nuari Release date 1981 Duration 95 minutes

Leak

Leak

Film Leak sangat fenomenal karena pernah dilarang tayang di Indonesia. Namun, di pasar internasional film ini dikenal dengan judul Mystics in Bali atau Balinese Mystic (khusus di pasar Australia). Ya, film ini memang mengangkat mahluk astral jahat bernama Leak yang populer di Bali.

Diceritakan bahwa Cathy Kean (Ilona Agathe Bastian) adalah seorang penulis muda dari Amerika yang pergi ke Bali untuk mempelajari rahasia ilmu gaib kuno Leak. Suatu malam ia pergi ke hutan dan bia bertemu dengan seorang penyihir jahat (Sofia W.D.) yang merupakan anggota dari sekte pemuja Leak.  

Demi mempelajari makhluk Leak, Cathy setuju untuk masuk dalam sekte tersebut. Ia pun harus melakoni berbagai ritual yang tergolong aneh dan kejam (ini adalah alasan utama Leak dahulu tak boleh rilis di Indonesia).

Ternyata, sang penyihir berencana memperbudak Cathy. Singkat cerita, ia mengubah Cathy menjadi budak Leak yang penghisap darah dan memangsa bayi di perkampungan sekitar. Bentuk Cathy sebagai Leak sangat mengerikan, karena kepalanya tetap utuh dan organ-organ yang menempel terlihat melayang  tanpa tubuh.

Rating N/A Directed by Tjut Djalil Screenplay by Jimmy Atmaja Starring Ilona Agathe Bastian, Sofia W.D, Yos Santo Release date 1981 Duration 118 minutes

Dukun Lintah

Dukun Lintah

Sama seperti Ratu Ilmu Hitam dan Leak, film Dukun Lintah juga bergenre horror gore. Latar cerita di film ini tergolong generik mengenai kisah asmara antara dua tokoh, Hany dan Nurdin. Ayah Nurdin, Rustam, tidak setuju dengan hubungan antara anaknya dan Hany. Rustam hendak menjodohkan Nurdin dengan anak dari pengusaha kaya raya bernama Hendra.

Penolakan Nurdin membuat Hendra marah dan kesal. Ia pun mendatangi seorang dukun dan meminta agar Nurdin disantet. Benar saja, Nurdin akhirnya sakit-sakitan dan terus menerus mengeluarkan lintah dari mulut.

Di era 80an, belum ada teknologi CGI dan visual special effect yang canggih. Karena itu, tentu dalam film digunakan lintah-lintah asli yang masih hidup. Keberanian inilah yang membuat Dukun Lintah layak dikatakan sebagai salah satu film horor terbaik era 80an.

Rating N/A Directed by Ackyl Anwari, fred Wardy Screenplay by Wirjaatmadja Ngadiman Starring Susanna Caecilia, alex Kembar, A. Hamid Arief Release date 1981 Duration N/A

Bayi Ajaib

Bayi Ajaib

Masalah bermula saat Dorman dan Kosim berniat menjadi lurah di sebuah desa kecil. Mereka pada dasarnya mengincar tambang intan yang terkubur di sana. Demi memuluskan langkahnya menjadi lurah, Kosim melakukan black campaign dengan cara membagi-bagikan uang pada warga. Sementara Dorman, meminta bantuan pada arwah leluhur asal Portugis, Alberto Dominique.

Selama Kosim bersekongkol dengan Dorman untuk mendapat jabatan, istrinya hamil tua. Karena praktek klenik yang Kosim dan Dorman lakukan, kejanggalan mulai terjadi pada kandungan tersebut.

Alhasil, saat tumbuh besar anak Kosim menjadi liar dan mengerikan. Ia juga menimbulkan malapetaka pada keluarha Kosim dan Dorman. Bentuk tubuh sang anak pun tak lazim dan terlihat sangat berbulu layaknya serigala.

Film Bayi Ajaib hingga saat ini masih dikatakan sebagai The Omen-nya Indonesia. Selain menegangkan, film juga memberi pesan moral tentang betapa mengerikannya perjanjian terlarang dengan iblis.

Rating N/A Directed by Tindra Rengat Screenplay by Wirjaatmadja Ngadiman Starring W.D. Moechtar, Rina Hassim, Muni Cader Release date 1982 Duration 107 minutes

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment