5 Film Coming-of-Age Terbaik Abad Ke-21

5 Film Coming-of-Age Terbaik Abad Ke-21

5 Film Coming-of-Age Terbaik Abad Ke-21

Coming-of-age comedy mungkin boleh saja menemukan rumahnya di Netflix, namun beberapa film di bawah ini juga sempat menjadi masterpiece classic layar lebar.

26 July 2019, 07:05

Dari abad ke abad sineas Hollywood selalu menghasilkan film coming-of-age yang menarik bagi remaja di seluruh dunia. Di era '80an, genre ini menjadi amat popular dan terus dikembangkan hingga kini.

Di abad ke-21, ada berbagai film coming-of-age yang memiliki alur cerita unik dan mereka. Berikut adalah 5 diantaranya.

1. Lady Bird

Lady Bird

Sejak bermain di film Greenberg karya Noah Baumbach, Greta Gerwig selalu mempu memukau pecinta film di seluruh dunia. Pada 2017, ia menjadi sutradara dari film Lady Bird yang mendapat total 5 nominasi Piala Oscar,  4 Golden Globe Awards, dan 3 BAFTA.

Gerwig memilih Saoirse Ronan sebagai pemeran dari tokoh utama bernama Christine 'Lady Bird' McPherson. Diceritakan bahwa Christine hanya seorang siswi SMA biasa, ia tidak terlalu cerdas, tidak terlalu cantik, tidak pula terlalu seksi. Namun, ia amat membenci kehidupannya di Sacramento, California, sebagai anak yang lahir di keluarga sederhana.

Kebencian pada berbagai hal di kampung halamannya membuat Christine sering mendapat masalah. Ia kehilangan keperawanan di tangan seorang remaja pria bernama Kyle (Timothy Calamet), ia juga kehilangan sahabat sejati, Julie (Beanie Feldstein), demi bisa dekat dengan seorang gadis populer bernama Jenna (Odeya Rush). Pada akhirnya, Christine merasa bersalah atas semua hal yang telah dibuangnya. Namun, ia sudah terlanjur lulus SMA dan diterima di sebuah kampus di New York yang jauh dari rumah.

Film ini sangat cocok untuk ditonton oleh remaja SMA yang sedang mencari jati diri. Penggambaran tokoh Christine yang Ronan perankan pasti amat relevan bagi banyak orang. Semua intrik dalam film juga bisa mengajarkan pesan moral tentang mensyukuri hidup sebelum terlambat, juga kejujuran dan kedewasaan dalam berpikir.

Penampilan Ronan di film ini juga amat memukau, begitu pula Timothy Calamet. Buktinya, Ronan berhasil memenangkan 'Best Actress' di Golden Globe Awards, sedangkan Calamet memenangkan 'Breakthrough Artist' di AFCA Awards.

Rating R Directed by Greta Gerwig Screenplay by Greta Gerwig Starring Saoirse Ronan, Timothy Calamet, Odeya Rush Release date September 1, 2017 Duration 94 minutes

2. Boyhood

Boyhood

Film Boyhood (2014) dari sutradara Richard Linklater adalah sebuah karya fenomenal bagaimana tidak, di film ini ia mengikuti tumbuh kembang seorang bocah dari usia 6 tahun hingga 18 tahun. Kesabaran tersebut membuat Boyhood layak untuk menjadi satu sejarah yang hebat di industri perfilman Hollywood.

Film mengikuti perjalanan hidup Mason Evans Jr. (Ellar Coltrane) yang lahir di keluarga broken home. Ibu Mason, Olivia (Patricia Arquette) adalah seorang pekerja keras dan ayahnya, Mason Evans Sr (Ethan Hawke) hanya sering berkunjung di akhir pekan untuk mengajak Mason Evans Jr. berjalan-jalan.

Secara natural, film memperlihatkan tumbuh kembang Mason yang mulanya amat gemar bermain hingga akhirnya menjadi seorang pemikir saat lulus SMA dan hendak masuk ke dunia perkuliahan. Meski tetap mempergunakan skrip, kesabaran Linklater membuat film ini terasa amar jujur dan tak dibuat-buat. Ini menjadi satu nilai plus yang membuat Boyhood kian layak untuk disaksikan.

Di ajang Academy Awards, Boyhood mendapat total 6 nominasi dan memenangkan satu diantaranya, yakni 'Best Supporting Actress'. Di BAFTA 2014, Boyhood dan Richard Linklater terpilih sebagai film dan sutradara terbaik mengungguli berbagai film keren, seperti Birdman karya Alejandro G. Inarritu, The Grand Budapest Hotel karya Wes Anderson, dan The Imitation Game karya Morten Tyldum.

Rating R Directed by Richard Linklater Screenplay by Richard Linklater Starring Ellar Coltrane, Patricia Arquette, Ethan Hawke Release date January 19, 2014 Duration 165 minutes

3. Easy A

Easy A 

Easy A bisa dikatakan sebagai film terbaik Emma Stone sebelum La La Land dan The Favourite. Tokoh Olive (Emma Stone) hanyalah siswi SMA biasa yang baik hati dan gemar bergaul. Suatu ketika, ia berbohong hendak berkencan karena merasa malas untuk ikut bersama keluarga sahabatnya, Rhiannon, berkemah.

Keesokan harinya, Olive bercerita pada Rhiannom bahwa keperawanannya telah hilang di tangan seorang pria dewasa. Pernyataan bohong itu didengar oleh Marianne Bryant, salah satu siswi SMA yang sok suci. Marianne pun mulai menyebarkan berita itu ke seluruh siswa SMA dan Olive mulai mendapat label sebagai perempuan murahan.

Meski mulanya malu, Olive mulai mengikuti berita bohong yang sudah terlanjur tersebar. Ia kerap menggunakan baju-baju seksi ke sekolah. Namun, ia juga membantu siswa-siswa yang kurang populer di sekolahan dengan cara menyebar berita bohong bahwa mereka telah bersetubuh dengannya. Hal itu Olive lakukan agar siswa-siswa itu bisa terlihat keren.

Easy A adalah film komedi yang pasti bisa mengocok perut anak-anak SMA dan kuliahan. Cara Emma Stone berperan di film ini juga amat apik. Tak heran jika ia memenangkan banyak pengharagaan dari berbagai ajang, seperti MTV Movie Awards dan Teen Choice Awards.

Rating PG-13 Directed by Will Gluck Screenplay by Bert V. Royal Starring Emma Stone, Penn Badgley, Amanda Bynes Release date September 11, 2010 Duration 92 minutes

4. Blue is the Warmest Colour

IMDB

Berkat film ini, sutradara Abdellatif Kechiche meraih Palme d’Or di Cannes Film Festival 2013. Dua bintang utama di film berbahasa Prancis ini adalah Adele Exarchopoulos sebagai Adele dan Lea Seydoux sebagai Emma.

Film bercerita tentang Adele, seorang remaja perempuan yang merasa tak nyaman menjadi seorang heteroseksual. Suatu ketika, ia tertarik dengan Emma, seorang lesbian yang nampak keren dengan rambut cepak berwarna biru. Pada akhirnya, Adele dan Emma menjalin hubungan asmara.

Di sisi lain, Adele pun sedang berusaha menemukan jati dirinya dan beralih dari remaja menjadi wanita dewasa. Dalam film, dapat terlihat pula bagaimana keluarga proletar (Adele) dan borjuis (Emma) memandang hubungan homoseksual dan LGBTQ.

Rating NC-17 Directed byAbdellatif Kechiche Screenplay byAbdellatif Kechiche StarringAdele Exarchopoulos, Lea Seydoux, Salim Kechiouche Release date May 23, 2013 Duration 179 minutes

5. To All the Boys I've Loved Before

Netflix

Tahun lalu, secara mengejutkan film Netflix Original bertajuk To All the Boys I’ve Loved Before menjadi amat populer di kalangan remaja. Disutradarai oleh Susan Johnson, secara mengejutkan aktris berdarah Asia, Lana Condor, diduetkan dengan Noah Centineo, aktor remaja yang sedang amat digandrungi di seluruh dunia.

Dalam film ini, Lara Jean (Condor) diceritakan selalu menulis surat untuk pria-pria yang disukainya. Suatu ketika, surat-surat itu terkirim ke para pria yang ditaksirnya, termasuk Peter (Centineo).

Kisah cinta yang tersuguh amat khas drama comic of age. Kehadiran Peter Centineo pun membuat banyak orang kian menyukai film ini. Jika di era 80an ada Robert Downey Jr., Centineo bisa dikatakan sebagai 'brat pack'-nya anak-anak milenial.

Rating TV-14 Directed by Susan Johnson Screenplay by Sofia Alvarez Starring Lana Condor, Noah Centineo, Janel Parrish Release date August 17, 2018 Duration 99 minutes

Nutshell:

Ada cukup banyak film coming-of-age yang keren di abad ke 21. Lima film ini bisa dikatakan sebagai yang paling menghibur. Ya, setidaknya bisa lah mengalahkan popularitas film coming-of-age era '80an

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment