5 Film Animasi Legendaris dari Eropa

5 Film Animasi Legendaris dari Eropa

5 Film Animasi Legendaris dari Eropa

Mulai dari The Adventure of Prince Achmed hingga Fantastic Planet ada didaftar ini.

06 September 2019, 07:05

Tidak banyak yang tahu, industri animasi mula-mula berkembang sangat pesat di tanah Eropa. Sayangnya, memang Amerika Serikat mendominasi pasar film animasi di seluruh dunia.

Berikut adalah daftar 5 film legendaris dari Eropa. Semua yang ada di sini rilis sebelum era 80an.

1. The Adventure of Prince Achmed (Jerman)

IMDB

Diurutan pertama ada The Adventure of Prince Achmed, film animasi asal Jerman yang pertama kali rilis pada 1926. Disutradarai oleh Lotte Reiniger, film ini selalu dianggap sebagai salah satu film animasi pertama yang pernah dibuat dan rilis.

Menceritakan tentang petualangan Pangeran Achmed melawan iblis jahat dan menemukan cinta sejati, film The Adventure of Prince Achmed terlihat mirip seperti pertunjukan wayang Jawa alias shadow puppet.

Berbeda dari pertunjukan wayang tradisional, semua karakter di film ini dibuat secara animasi, frame-by-frame. Meski mulanya hitam putih, film ini direstorasi dan diberi warna pada era 90an.

Dengan teknologi yang sangat seadanya, Reiniger sangat tersiksa selama membuat film berdurasi 65 menit ini. Bayangkan saja, ia dan timnya menghabiskan waktu hingga tiga tahun untuk merampungkan semuanya. Di masa kini, hasil serupa mungkin bisa dibuat dalam waktu kurang dari sebulan.

2. The Humpback Horse (Rusia/Uni Soviet)

IMDB

Di akhir era 40an, penggiat industri film animasi Uni Soviet (sekarang Rusia) amat gemar membuat karya menggunakan rotoscope. Hal ini dilakukan untuk menyaingi film-film animasi Disney dari Amerika Serikat yang berhasil mendunia.

Menggunakan rotoscope, animator berbakat tentu bisa dengan lebih cepat membuat film animasi. Salah satu animator berbakat dari Uni Soviet di masa itu adalah Ivan Ivanov-Vano.

Film The Humpback Horse sendiri nercerita tentang petualangan seorang anak dengan kuda ajaibnya yang memiliki tubuh bungkuk dan kuping panjang, namun bisa terbang. Hingga sekarang, film ini masih dianggap sebagai karya animasi paling ajaib bagi sineas Eropa.

Pada era 70an, versi asli dari film ini sempat rusak parah dan teknologi restorasi di masa itu masih sangat buruk. Ivanov-Vano pada akhirnya membuat ulang film animasi ini dengan kisah yang persis sama.

3. The Animal Farm (Inggris)

IMDB

Film animasi pertama dari Inggris adalah The Animal Farm karya sutradara George Halas dan Joy Batchelor. Ini merupakan adaptasi dari novel ternama karya George Orwell.

Sama seperti versi novelnya, film bercerita tentang hewan-hewan ternak yang berusaha melakukan perlawanan dan menaklukan sang majikan. Hingga saat ini, film animasi The Animal Farm masih amat dicintai, bahkan menjadi bahan penelitian mahasiswa calon animator di seluruh dunia.

Satu hal keren dari film animasi ini adalah pasar dewasa yang diincar, bukan anak-anak. Meski dihadirkan untuk pangsa pasar yang berbeda dari film animasi kebanyakan, The Animal Farm amat mampu mencuri perhatian.

4. Yellow Submarine (Inggris)

IMDB


Kenal The Beatles? Tahu kah kalian jika kwartet John Lennon, Paul McCartney  George Harrison, dan Ringgo Starr pernah dibuatkan film animasi?

Ya, Yellow Submarine adalah film animasi karya George Dunning yang rilisnpada 1968. Dengan sokongan dana besar dari Apple Fipms, Dunning mendapat keleluasaan untuk menelurkan ide-ide gila dalam kepala.

Ia pun membuat satu film yang bercerita tentang para personel The Beatles selama mengarungi tujuh samudera dunia. Menggunakan kapal selam, mereka hendak menyelamatkan Pepperland, bermodalkan lagu cinta dan persahabatan.

Film ini memang dibuat dalam rangka menyambut album The Beatles yang bertajuk Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967). Film ini amat trippy. Namun, ini pula yang membuatnya menjadi inspirasi bagi banyak pelaku industri film, khususnya di budang animasi.

5. Fantastic Planet

IMDB

Film asal Prancis ini layak untuk dianggap sebagai cult classic. Sutradara Rene Laloux melalui film ini mengajak orang-orang untuk masuk ke dunia khayal ysng penuh keajaiban dan petualangan menarik.

Bersana pelukis post-surrealis, Roland Topor, Laloux mampu membuat satu kisah yang amat layak untuk dibanggakan. Semua hal di film ini terasa detail dan tak lekang oleh zaman.

Nutshell:
Amerika Serikat dan Jepang selalu dikenal sebagai negara yang piawai membuat film-film animasi. Padahal, Eropa adalah tempat pertama film animasi dilahirkan. Ada banyak pula film-film animasi klasik Eropa yang melegenda hingga kini.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment