5 Festival Film Asia Yang Harus Kamu Kunjungi

5 Festival Film Asia Yang Harus Kamu Kunjungi

5 Festival Film Asia Yang Harus Kamu Kunjungi

Tidak perlu jauh-jauh ke Cannes atau bahkan ke Hollywood untuk melihat festival film keren. 5 festival ini wajib kamu kunjungi dan tidak jauh loh!

13 August 2019, 07:05

Berminat untuk menyaksikan film-film unik yang seringkali tidak masuk layar lebar? Selain home-grown film festivals seperti Jogja NETPAC, berikut 5 festival film di Asia yang wajib kamu kunjungi. 

BUSAN INTERNATIONAL FILM FESTIVAL

Diadakan sejak 1996, Busan International Film Festival adalah “Cannes-nya Asia” dan merupakan salah satu festival di dunia yang banyak menarik turis baik dari daratan Asia ataupun Erope dan Amerika. 

BIFF mendorong karya-karya baru sutradara di Asia, dan seringkali menjadi platform pertama untuk menayangkan karya bagi banyak sutradara-sutradara Asia, hal ini lah yang menjadikan BIFF salah satu festival film penting di dunia. 

Diadakan di bulan Oktober, BIFF merupakan embrio dari lahirnya Asian Film Market yang membuka jalan networking antar sesama pekerja industri sinema di Asia. Tahun ini sendiri BIFF akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 12 Oktober di Busan, Korea Selatan. 

JEONJU INTERNATIONAL FILM FESTIVAL

Kalau Busan lebih mengacu pada film-film box office materials, maka Jeonju International Film Festival lebih membuka diri terhadap film-film eksperimental, dokumenter dan sejenisnya. Anggap saja ini “Locarno Fest-nya Asia”, dan hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi JIFF. 

Mendedikasikan diri bagi film-film alternatif dan juga film independen, JIFF menjadi market terbesar di Asia dalam hal film-film unik dan nyentrik. 

Pertama kali diadakan tahun 2000, JIFF mengandalkan Jeonju Cinema Project yang menghadirkan beberapa program yang seringkali menjadi incaran para filmmaker alternatif di Asia.

JOGJA-NETPAC ASIAN FILM FESTIVAL

Festival kebanggaan Indonesia ini menjadikan kemajuan industri perfilman Asia sebagai misinya, dan dengan menggabungkan unsur seni dan budaya dalam festival-nya, Jogja-NETPAC memiliki nilai identitas yang unik dan juga seringkali menjadi platform utama para filmmaker Asia dalam memutar karyanya. 

NETPAC (Network For The Promotion of Asia Pacific Cinema) sendiri terlibat penuh dalam festival ini, dan sebagai badan organisasi yang dibentuk atas dorongan Unesco ini, NETPAC bertujuan mempromosikan film-film Asia ke audience lebih luas Netpac menjadi kunci dari kesuksesan festival film yang biasanya diadakan di penghujung tahun ini. 

TAIPEI FILM FESTIVAL

Dengan screening lebih dari 150 judul film dan juga menampilkan karya dari 40 negara berbeda, Taipei Film Festival merupakan event internasional yang tidak hanya dinanti di Taiwan sendiri, tapi juga menjadi event tahunan industri perfilman Asia yang sangat digemari. 

Festival ini juga sering menjadi tujuan utama para filmmaker lokal dan juga di Asia untuk menayangkan karya mereka dengan harapan mampu menggaet distributor baik di Asia maupun di seluruh dunia. 

Film market-nya juga sudah sangat terkenal di seluruh Asia dan merupakan melting pot dari para filmmakers Asia yang menjadi jadwal pemberhentian tahunan bagi para penggerak industri. 

SINGAPORE INTERNATIONAL FILM FESTIVAL

Diadakan sejak tahun 1987, Singapore International Film Festival (SIFF) merupakan angin segar bagi perkembangan industri perfilman di Singapore dan juga Asia. Festival ini juga mengadakan film lab, serta funding program yang bertujuan untuk mendanai proyek-proyek dari filmmaker lokal dan juga di Asia. 

SIFF sendiri memiliki film academy dimana young and aspiring filmmakers bisa bergabung dan juga belajar dan memperluas networking mereka, dan hal ini juga merupakan keunggulan festival ini. 

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment