5 Anime Paling Kontroversial

5 Anime Paling Kontroversial

5 Anime Paling Kontroversial

Mulai dari Death Note hingga Goblin Slayer ada di daftar ini.

08 July 2019, 07:05

Hampir semua orang di Indonesia dan seluruh dunia menyukai anime. Mulai dari Dragon Ball, Naruto, hingga One Piece, ada banyak anime Jepang yang amat dicintai dan mendulang fans fanatik.

Namun, beberapa serial anime dianggap kontroversial karena pernah menyebabkan kehebohan di seluruh dunia. Apa saja serial anime itu?

Death Note

Inverse

Ditulis oleh Tsugumi Ohba, serial anime ini bercerita tentang kisah hidup seorang siswa jenius bernama Light Yagami yang secara misterius menemukan buku supranatural, Death Note. Jika Yagami menuliskan sebuah nama seseorang di buku itu, orang itu akan mati seketika karena kecelakaan atau serangan jantung. Bermodalkan Death Note, Yagami menjelma menjadi vigilante bernama Kira yang berkeinginan menciptakan dunia utopia tanpa tindak kriminal.

Premis Death Note tergolong mengerikan. Namun, banyak orang di seluruh dunia, khususnya remaja, yang mencintai serial anime ini. Buktinya, telah ada total enam adaptasi live action dari berbagai rumah produksi, seperti Netflix dan Nippon Television berkerjasama dengan Warner Bros.

Meski dicintai, banyak pula orang yang mencekal serial anime ini. Sebab, tindakan Yagami menuliskan nama-nama orang di Death Note kerap diikuti oleh remaja-remaja di seluruh dunia. Tujuannya, agar orang yang mereka benci bisa segera mati. Ya, kira-kira inilah bukti bahwa anime bisa membawa pengaruh negatif di kehidupan nyata.

Sword Art Online: Alicization

Sword Art Online Fandom

Sword Art Online layak jika dikategorikan sebagai isekai anime paling berpengaruh di dunia. Diadaptasi dari novel karya Reki Kawahara, mulanya Sword Art Online hanya akan diadaptasi menjadi serial pendek. Namun, animo masyarakat membuat Sword Art Online bertahan hingga empat musim.

Sayangnya, musim ketiga Sword Art Online: Alicization dikecam banyak orang. Sebab, Eugeo, tokoh utama di serial tersebut, dipaksa untuk menyaksikan dua sahabat perempuannya yang hampir diperkosa. Ada pula beberapa adegan kekerasan seksual yang membuat banyak wanita merasa gusar.

Reki Kawahara selaku penulis novel pun sempat meminta maaf atas kisah yang ditulisnya. Ia menjamin, di masa yang akan datang tidak akan ada lagi kisah-kisah Sword Art Online yang serupa lagi.

Pokemon

Pokemon Fandom

Loh bukannya banyak orang yang mencintai serial anime Pokemon? Ya, benar. Namun, serial anime Pokemon sempat menggemparkan dunia karena episode 38 yang rilis pada 1997.

Dalam episode tersebut, Ash, Pikachu, dan kawan-kawan bertemu dengan Pokemon jenis Porygon. Ketika Pikachu berhadapan dengan tokoh tersebut, banyak sekali kilatan cahaya yang menyilaukan. Ternyata, kilatan cahaya di episode tersebut menyebabkan lebih dari 600 anak di seluruh dunia kejang-kejang. 

Hingga saat ini, episode tersebut masih dilarang tayang di seluruh dunia. Pemerintah pun melarang rumah produksi animasi di Jepang untuk menampilkan kilatan cahaya yang berlebihan. Ini adalah larangan yang amat keras dan tidak boleh dilanggar oleh siapa pun.

Goblin Slayer

Takoyaki Asia

Jika belum pernah menonton, tokoh utama perempuan di anime Goblin Slayer pasti terkesan lucu dan menggemaskan. Belum lagi alur ceritanya yang penuh petualangan dan fantasi.

Namun, penonton pasti akan kaget setelah menonton episode pertama dan melihat tokoh utama dibunuh secara sadis atau disiksa, bahkan diperkosa. Seria ini memang terkenal tidak ragu untuk mempertontonkan adegan-adegan penuh kekerasan dan sadis.

Jadi, jangan biarkan anak kecil menonton serial anime ini. Terlalu banyak adegan yang bahkan tetap dianggap mengerikan bagi orang dewasa.

Neon Genesis Evangelion

Polygon

Selain Gundam, Evangelion adalah serial mecha anime yang amat populer di seluruh dunia. Guillermo del Torro bahkan mengakui kalau film Pacific Rim terinspirasi dari serial anime ini.

Namun, serial lanjutan bertajuk Neon Genesis Evangelion nyatanya tidak memikat bagi para pecinta anime. Banyak sekali episode yang dianggap konyol, aneh, dan tidak layak untuk ditonton.

Beberapa orang bahkan bertindak vandal dan mencoretkan tulisa 'fix' di kantor Gainax, rumah produksi anime ini. Untuk mengobati kekecewaan fans, serial Neon Genesis Evangelion dihentikan film End of Evangelion dirilis pada 1997.



Nutshell:

Banyak sekali pecinta anime di seluruh dunia, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Namun, beberapa anime dianggap kontroversial karena konten-konten yang kurang baik.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment