3 Sinematografi Terbaik Roger Deakins

3 Sinematografi Terbaik Roger Deakins

3 Sinematografi Terbaik Roger Deakins

Roger Deakins adalah sebuah jaminan sebuah film akan terlihat indah ketika dinikmati di layar lebar. Kemampuannya sebagai sinematografer sudah terbukti dari Shawsank Redemption hingga 1917.

07 February 2020, 07:05

Tak bisa dipungkiri, salah satu faktor yang mengantar kesuksesan film 1917 adalah keindahan sinematografi yang dibangun oleh Roger Deakins. Dengan teknik pengambilan gambar one take yang mengikuti pergerakan si tokoh utama, Deakins masih mampu menampilkan berbagai detail indah dari set-up film peperangan tersebut. 1917 juga menjadi pembuktian bahwa Deakins merupakan salah satu sinematografer terhebat yang dimiliki Hollywood saat ini. 

Roger Deakins

1917 bukan film pertamanya yang menuai banyak pujian. Ia juga pernah memberikan sentuhan magisnya kepada beberapa film lain dari mulai Blade Runner 2049 hingga The Shawsank Redemption. Namanya sudah berulang kali masuk sebagai nomine dalam ajang penghargaan Oscars. Namun Deakins baru bisa membawa pulang Piala Oscars pertamanya dua tahun lalu lewat Blade Runner 2049.

Jika Anda tak percaya dengan kualitas Roger Deakins sebagai orang di balik indahnya sinematografi film-film besar Hollywood, mari kita simak kembali adegan-adegan magis yang pernah dieksekusi olehnya.

1.Investigasi Kecelakaan Mobil di Film Fargo

Salah satu sinematografi terindah yang pernah diciptakan oleh Roger Deakins adalah adegan investigasi kecelakaan mobil di film Fargo. Dalam adegan tersebut, Chief Marge Gunderson (Frances McDormand) dikisahkan sedang hamil dan tetap ikut terjun ke tempat kecelakaan mobil. Marge di saat bersamaan juga mengeluhkan tentang morning sickness akibat kehamilannya.

Adegan-adegan ini menggabungkan berbagai sweeping shot dengan lanskap salju putih yang mengelilingi tempat kejadian perkara. Pergerakan kamera yang cara pengambilan gambarnya sangat khas dan berhasil membentuk visual yang ikonik. 

2.Adegan Pembuka Skyfall


Sam Mendes memberikan warna baru dalam franchise James Bond ketika ia menukangi film Skyfall. Bersama dengan Roger Deakins, Mendes meningkatkan kualitas bercerita film agen 007 secara elegan. Sinematografi yang dibuat oleh Deakins memegang peranan penting. Adegan pembuka Skyfall adalah bukti kuat betapa hebatnya sinematografi dari Roger Deakins.

Tak ada adegan pembuka yang lebih baik dari Skyfall. Dalam adegan pembuka ini Deakins mampu membuat sebuah sekuens pembuka yang menegangkan namun tak pernah lepas dari kesan indah. Aksi kejar-kejaran Bond dalam adegan awal ini diambil secara mengagumkan tanpa harus mengganggu sudut pandang penonton yang diajak masuk ke dalamnya. 

3.Serangan Luv di Film Blade Runner 2049

Blade Runner 2049 memang mengantar Roger Deakins meraih Piala Oscars pertamanya. Tak heran jika adegan dari film ini wajib dimasukkan ke dalam daftar sinematografi terbaik Deakins. Sebenarnya ada banyak adegan menarik yang bisa kita ambil dari film Blade Runner 2049. Film dengan nuansa dystopian ini memang sangat indah dengan sinematografi yang dibuat Deakins.

Adegan terbaik yang patut dipuji adalah ketika Officer K (Ryan Gosling) menemuka Rick Deckard (Harrison Ford) di sebuah kasino yang terbengkalai. Tak lama setelah itu keduanya tiba-tiba mendapat serangan dari para manusia tiruan yang akhirnya memojokkan mereka.

Bekerja sama dengan sutradar Denis Villeneuve, Roger Deakins menciptakan dunia yang indah dari masa depan. Beberapa pengambilan gambar untuk film ini benar-benar memaksimalkan pencahayaan yang keren. Dengan tone warna seperti itu, gambar yang dihasilkan justru bisa berbicara lebih dari hanya dialog-dialog dari para karakternya.

Nutshell

Roger Deakins merupakan salah satu sinematografer handal yang dimiliki Hollywood. Kesuksesan besar film 1917 kembali mengangkat namanya ke permukaan. Ketiga adegan di atas merupakan sebagian dari karya-karya terbaik dari sang maestro.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment