10 Film Zombi Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Zombi Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Zombi Terbaik Sepanjang Masa

Sebelum ditampilkan sebagai karakter mainstream film horor Hollywood, zombi jarang sekali muncul dalam film, kalau pun ditampilkan sosok mereka jauh dari karakter seram yang menjadi ciri khasnya.

13 May 2019, 19:05

Semuanya berubah saat sutradara sekaligus pelopor stereotype zombi modern, George A. Romero muncul dan mengubah sejarah melalui karakter zombi yang ia hadirkan dalam Night of the Living Dead (NOTLD). Romero bukanlah sosok yang menciptakan zombi seperti yang kerap disebutkan oleh banyak orang, tapi harus diakui kalau sang auteur ini adalah sosok yang mendefinisikan ulang konsep zombi modern yang digunakan oleh para sineas hampir selama lima puluh tahun terakhir sejak ia merilis NOTLD. 

Sepanjang karirnya, Romero terus mengembangkan ide-ide mengenai zombi dalam sejumlah film yang ia buat, pertama dengan horor satir Dawn of the Dead – yang penuh warna dan berbeda 180 derajat dengan NOTLD, kemudian dengan Day of the Dead, film horor bernuansa politik. Romero memang terkenal dengan gayanya yang tak pernah puas, sehingga ia selalu mencoba formula formula baru dalam menghadirkan film tentang zombie ke hadapan audience-nya. 

Pada saat bersamaan, sejumlah film ber-genre sama dan menampilkan zombi pun bermunculan. Legenda horor Italia, Lucio Fulci, meminjam konsep Romero dan membuat zombi versinya sendiri, pertama melalui Zombi 2 (alias Zombie) yang dilanjutkan dengan trilogi "Gates of Hell" yang jauh lebih aneh dan eksperimental. Kemudian sutradara seperti Dan O'Bannon, Fred Dekker dan Stuart Gordon kemudian muncul dan mengeksplorasi lebih jauh serta memperluas genre film zombi. Namun, sama cepatnya seperti saat zombi menjadi tren, tak lama ia pun dianggap ketinggalan zaman. 

Di awal tahun 2000-an, zombi kembali populer, dan bahkan lebih daripada sebelumnya. Seperti sebuah efek domino, dimulai dengan 28 Days Later garapan sutradara Inggris Danny Boyle, kemudian adaptasi dari Resident Evil dan remake Dawn of the Dead-ny Zack Snyder, membuat studio besar Hollywood pun ikut berlomba-lomba membuat film se-tipe. Di saat yang sama, film-film zombi indie juga mulai bermunculan dengan konsep yang jauh lebih baik, mendorong batas-batas mitologi zombi konvensional dan menggunakan format naratif untuk menceritakan kisah yang orisinil.

Kemudian Shaun of the Dead pun rilis, dan fokus genre film ini kembali bergeser. Film komedi zombi dari Edgar Wright ini men-dekonstruksi ulang konsep zombi yang telah ada sebelumnya. Tahun berikutnya, Romero merilis Land of the Dead, film comeback-nya setelah terakhir kali merilis film tiga dekade lalu. Setelahnya, puluhan film zombi diproduksi dalam kurun waktu setahun dan yang menarik adalah beberapa di antaranya layak untuk ditonton seperti Cabin in the Woods  dan Zombieland (yang mendekonstruksi karakter zombi modern), Mulberry Street dan Pontypool (yang mengangkat tema mutasi DNA pada zombi), Rec dan Horde (film zombi ala dokumenter) dan film animasi ParaNorman.

Dengan kabar akan rilisnya The Dead Don’t Die karya sutradara Jim Jarmusch dan sekuel Zombieland Double Tap, apakah 2019 akan menjadi tahun bangkitnya kembali para mayat hidup? Hanya waktu yang bisa menjawab. Sementara itu, kamu bisa cek 10 film zombie terbaik sepanjang masa di bawah ini.

DAWN OF THE DEAD

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:dawn-of-the-dead.jpg



George A. Romero mendefinisikan ulang zombi modern melalui karya cult-nya, Night of the Living Dead yang rilis pada 1968. Namun tak sampai satu dekade kemudian (pada 1978), ia menyempurnakan film zombi buatannya dengan sekuel Dawn of the Dead. Bila film pertama mengomentari rasisme, film yang berikutnya ini menyindir keras perilaku konsumerisme (dimana para korban akhirnya bersembunyi di pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh mayat hidup).

Film ini terasa lebih relevan lagi sekarang dengan keberadaan teknologi yang membuat semua orang sibuk dengan ponsel pintar dan iPad mereka masing-masing. Namun, tentu saja semua ini akan menjadi tidak berarti kalau tidak menakutkan seperti yang Romero kemas dalam Dawn of The Dead.

Rating R Director George A. Romero Screenplay George A. Romero Cast David Emge, Ken Foree, Scott Reiniger & Gaylen Ross

SHAUN OF THE DEAD




Film pertama sekaligus yang terbaik dari Three Flavors Cornetto Trilogy karya gabungan Simon Pegg, Nick Frost, dan Edgar Wright. Bila dibandingkan dengan dua film lanjutannya, Shaun of the Dead tentu saja memiliki skrip terpadat, yang sepertinya tak menyia-nyiakan satu kalimat pun – baik dalam mengembangkan plot maupun para karakternya. Film ini juga selalu sukses membuat penonton terpingkal-pingkal – dan menggunakan berbagai macam konsep menyangkut zombi, termasuk sebuah adegan yang memaparkan seluruh alur film sejak awal.

Shaun of the Dead bukanlah imitasi kocak dari film genre zombi – Shaun of the Dead adalah film yang secara total memuji sekaligus menggunakan setiap style atau semacam homage dari berbagai film genre zombi yang kebetulan saja dikemas secara kocak oleh para pembuatnya. Meski begitu, film ini juga menghadirkan perjalanan emosi yang menarik dari para karakter dan hubungan di antara mereka. 

Rating R Director Edgar Wright Screenplay Edgar Wright & Simon Pegg Cast Simon Pegg, Kate Ashfield, Lucy Davis, Nick Frost & Bill Nighy

PARANORMAN

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:ParaNorman.jpg



Sukses menghibur sekaligus menteror anak-anak dan tetap menarik untuk dinikmati oleh orang dewasa, Paranorman adalah film besutan Studio Laika yang berhasil menghadirkan zombi dalam bentuk kartun. Laika mungkin belum sebesar Pixar atau DreamWorks, tetapi diam-diam menjadi salah satu studio paling kreatif dalam animasi.

Dengan bintang-bintang ternama Hollywood seperti Anna Kendrick, Casey Affleck, Leslie Mann dan John Goodman sebagai pengisi suara, Paranorman dapat dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Menyenangkan bagi seluruh keluarga! Satu hal yang jarang sekali bisa dikatakan untuk kebanyakan film zombi lainnya.

Rating PG Director Sam Fell & Chris Buller Screenplay Chris Butler Cast Kodi Smit-McPhee, Tucker Albrizzi, Anna Kendrick & Casey Affleck

REC

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:REC2.jpg



Sebuah kesalahan yang sering kali dibuat oleh banyak film zombi adalah mencoba menunjukkan kiamat zombi dalam skala epik. Para sineas kerap gagal menangkap kengerian ketika mereka mencoba untuk menggambarkan virus zombi yang menyebar di sebuah negara atau bahkan di dunia dan mengubah manusia menjadi mahkluk mutan pemakan daging. Namun, rekam jejak ala dokumenter yang diadopsi oleh REC membuat alur cerita terasa begitu dekat dan realistis.

Seorang jurnalis TV dan kru kameranya menemukan diri mereka dikarantina di sebuah gedung apartemen ketika virus zombi perlahan-lahan menyebar di antara para karakter yang ada. Adegan dikejar-kejar mayat hidup yang dipadukan dengan gerakan kamera yang goyah membuat REC pantas untuk disebut sebagai salah satu film horor paling menakutkan. 

Rating PG Director Jaume Balaguero & Paco Plaza Screenplay Paco Plaza, Lui A. Berdejo & Jaume Balaguero Cast Manuela Velasco, Ferran Terraza, Jorge-Yamam Serrano & Pablo Rosso

NIGHT OF THE LIVING DEAD

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:night-of-the-living-dead-at-50.jpg



Night of the Living Dead karya George A. Romero adalah film zombi modern pertama, sehingga bisa dimaafkan kalau film ini tidak sempurna. Film ini tentu saja berhasil menjadi salah satu film horor paling inovatif dan imajinatif yang pernah dibuat.

Para mayat hidup bangkit dari kubur menyerang dan menulari yang hidup, sehingga sekelompok orang yang selamat akhirnya mengunci diri di sebuah tanah pertanian, hanya untuk menemukan bahwa manusia yang hidup bisa menjadi musuh yang jauh lebih mengerikan daripada para zombi. Sebuah formula yang hingga kini kerap digunakan oleh banyak film dan serial TV.

Rating PG Director George A. Romero Screenplay John Russo & Goerge A. Romero Cast Judith O’Dea, Duane Jones, Marilyn Eastman & Keith Wayne

TRAIN TO BUSAN

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:traintobusan.jpeg



Film zombi dari Korea Selatan ini tampil lebih seperti film action dari pada sebuah film horor. Para zombi dalam film ini jauh lebih aktif dan tidak tidak membuang waktu seperti yang dilakukan oleh para mayat hidup era Romero – mereka dapat berlari dan melompat – dan hal ini membuat Train from Busan menjadi semakin menakutkan untuk ditonton sendirian. 

Namun, menyaksikan film ini bisa menjadi sebuah pengalaman menonton yang intens dan emosional dimana dua karakter utamanya, seorang ayah dan putri yang tak pernah ia temui, menemukan diri mereka terjebak di tengah kepungan zombi saat tengah berada dalam sebuah kereta api. Semua penumpang berbalik menyerang satu sama lain dan film ini membuat penonton melihat zombi melalui kacamata yang berbeda. Tema menyangkut rasa bersalah juga muncul ketika salah satu karakter menyadari bahwa ia terlibat langsung (meski secara tidak sengaja) dalam pelepasan virus yang menyebabkan zombie pandemonium di film ini.

Rating PG Director Yeon Sang-ho Screenplay Park Joo-suk Cast Gong Yoo, Ma Dong-seok, Jung Yu-mi, Kim Su-An & Ahn So-hee

RE-ANIMATOR

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:BRIDEOFREANIMATOR9.jpg



Sutradara yang juga seorang penulis, Stuart Gordon, membuat film ini setelah terinspirasi oleh sejumlah film bertema vampir modern yang muncul pada tahun 80-an dan memutuskan untuk melakukan hal yang sama pada cerita Frankenstein. Hasil akhirnya adalah kisah yang aneh, penuh darah dan kacau balau mengenai ilmuwan yang mencoba menghidupkan kembali sebuah kepala yang putus.

Salah satu aset terbesar film ini adalah skor musiknya, yang dikomposisikan oleh Richard Band dalam gaya skor yang mengerikan ala komposer Bernard Herrmann dalam film Psycho. Meski banyak yang memuji sekaligus mengkritik film ini, harus diakui kalau Re-Animator adalah sebuah karya yang gelap, aneh, dan sangat unik.

Rating PG Director Stuart Gordon Screenplay Stuart Gordon, William J. Norris & Dennis Paoli Cast Bruce Abbott, Barbara Crampton, David Gale & Jeffrey Combs

28 DAYS LATER




Cillian Murphy terbangun berminggu-minggu setelah ia menjalani sebuah operasi kecil dan menemukan jalanan di seluruh kota London kosong dan hancur. Tak butuh waktu lama baginya untuk menyadari kalau sebuah virus telah menyebar, mengubah manusia menjadi zombi dan hanya sedikit yang selamat.

Film yang menurut sutradaranya, Danny Boyle, bukanlah sebuah film zombi ini menempatkan karakter utamanya dalam situasi “survival of the fittest”, dimana hanya orang-orang terkuat dan paling kompeten yang akan bertahan. Namun, sebenarnya Jim yang diperankan oleh Cillian Murphy bukanlah salah satunya – ia kebetulan saja tak sadarkan diri selama bulan pertama penyebaran virus mematikan tersebut. Bisa dibilang, ia adalah mata yang membawa para penonton untuk melihat sendiri seperti apa dunia pasca-kiamat-zombi.

Rating PG Director Danny Boyle Screenplay Alex Garland Cast Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston & Brendan Gleeson

NIGHT OF THE CREEPS

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:Night-of-the-Creeps-2.jpg



Persembahan penuh sindiran Fred Dekker terhadap film kelas B dan menampilkan invasi mayat hidup, film ini sebenarnya bukanlah sebuah film zombi. Dekker mengambil setiap situasi yang klise sekaligus kejam yang ia temukan dalam film zombi, invasi alien dan slasher kemudian menjejalkannya ke dalam skenario film yang aneh sekaligus kocak (yang ditulisnya hanya dalam waktu kurang dari seminggu).

Nama-nama karakter dalam Night of the Creeps diambil dari nama para sutradara horor legendaris – Carpenter, Romero, Raimi, Cameron, Cronenberg, Landis – membuat film ini bisa dibilang merupakan persembahan sinematik terhebat yang pernah dibuat – dan masuk ke dalam daftar film cult yang wajib untuk ditonton. 

Rating PG Director Fred Dekker Screenplay Fred Dekker Cast Jason Lively, Steve Marshall, Jill Whitlow & Tom Atkins

ZOMBIELAND

Description: Macintosh HD:Users:faris:Downloads:Zombieland_hero_movie.jpg



Rhett Reese dan Paul Wernick (dua penulis yang berada di balik kesuksesan Deadpool) menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan ide, konsep dan lelucon untuk Zombieland sebelum akhirnya menulis skenario untuk film komedi zombi ini. Dikembangkan sebagai serial TV sebelum diubah menjadi film, materi untuk 100 episode serial televisi pun dikemas ulang agar bisa muncul dalam durasi satu setengah jam. 

Hasilnya adalah film zombi terlaris di Amerika Serikat (pada 2009). Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, dan Emma Stone pun dipuji oleh media dan para pemerhati film untuk peran mereka dalam film ini. Sekuelnya, Zombieland: Double Tap, dijadwalkan untuk rilis akhir tahun ini sekaligus menandai ulang tahun ke 10 film pertamanya.

Rating PG Director Ruben Fleischer Screenplay Rhett Reese & Paul Wernick Cast Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone & Abigail Breslin

Nutshell:

Meski sebagian besar film yang masuk list ini berasal dari beberapa dekade lalu (dan efeknya kalah jauh dari film-film sekarang) film-film di atas tetap menarik untuk dinikmati, terutama untuk menyaksikan sendiri  perkembangan film zombi dari masa ke masa dan membandingkannya dengan film-film zombi yang tayang tahun ini

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment