10 Film Komedi Terbaik Indonesia

10 Film Komedi Terbaik Indonesia

10 Film Komedi Terbaik Indonesia

Ini dia sepuluh komedi terbaik produksi Indonesia hasil pilihan tim redaksi ALL FILM INDONESIA

18 March 2020, 07:05

Dalam rangka bulan Film Nasional sepanjang Maret, ALL FILM ingin membagi sepuluh komedi terbaik Indonesia menurut kami di tim redaksi. Komedi-komedi ini tidak hanya berhasil sebagai sebuah film komedi, namun juga patut disandingkan dengan film-film internasional karena pengerjaan yang terbilang sangat baik, didukung dengan pemain-pemain baik, dan tentunya nafas utama dari semua film komedi, seorang penulis naskah yang mengerti betul komedi yang ingin disampaikannya. 

MY STUPID BOSS

Film yang mengisahkan tentang hubungan antara seorang karyawan dan bossnya ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari . Diana tinggal di Kuala Lumpur mengikuti Dika, suaminya yang bekerja di sana. Diana lalu melamar bekerja di satu perusahaan. Bossnya kebetulan adalah teman kuliah Dika sewaktu di Amerika. Di tempat kerjanya ini Diana harus menghadapi bossnya ini, yang ternyata memiliki sifat dan karakter yang super ajaib.

Dengan perolehan 3 juta penonton, film ini merupakan film indonesia terlaris ke 3 pada tahun 2017. Ceritera yang kuat dan pemain yang baik, membuat film ini pantas untuk diperhitungkan.




BENYAMIN BIANG KEROK (1972)

Bila ingin mendata film komedi indonesia, tidak mungkin untuk tidak melihat film Benyamin. Sebagai seniman, ia adalah seniman betawi yang serba bisa dan pelawak yang unik. Bahkan kalau kita ingat, dalam sinetron si doel, tokoh yang paling diingat orang adalah tokoh babe yang diperankan oleh Benyamin. Sayang sekali, baru enam episode, beliau keburu dipanggil oleh yang Maha Kuasa. Benyamin memiliki keunikan sendiri, dimana hal tersebut menimbulkan ciri khas sendiri. Ciri yang coba ditiru oleh Reza Rahardian ketika mencoba memerankan Benyamin dalam film adaptasi biang kerok. Sayangnya usaha Reza gagal, dan film tersebut gagal total. Diantara sekian banyak karakter yang dimainkan Benyamin, mungkin karakter yang paling menunjukkan keunikannya Benyamin adalah karakter pengki, seorang sopir yang suka bikin masalah dalam film Benyamin Biang Kerok. Tokoh ini adalah tokoh yang cukup orisinil, mengingat ada beberapa tokoh yang diperankan oleh Benyamin adalah merupakan tokoh adaptasi, seperti samson betawi. Film ini mengisahkan tentang Pengki (Benyamin S.) selalu mengerjai majikannya, Johan (A.Hamid Arief), istrinya dan mertuanya. Dengan licik ia menjual bensin mobil, berlagak jadi tuan besar dengan mobil tuannya dan merayu gadis-gadis cantik. Ia selalu lolos dari ulahnya yang merugikan orang lain itu, kecuali terakhir sekali ketika dua gadis cantik yang dikencaninya sama-sama datang ke rumah majikannya yang diakui sebagai rumahnya sendiri. Tamatlah riwayatnya sebagai sopir. Ia dipecat, meski tetap sambil mengejek.




GET MARRIED

Hanung Bramantyo adalah seorang sutradara bertangan dingin.Tapi pada dasarnya Hanung Bramantyo adalah seorang sutradara drama. Ketika membuat film pertamanya, “Brownies”, Hanung berniat membuat film komedi. Tapi sayangnya, walaupun secara teknis film itu baik, tapi tidak mampu membuat Hanung menjadi sutradara komedi yang diakui. Ia baru berhasil menunjukkan kemampuannya sebagai sutradara komedi, pada film “Jomblo”. Dan kesuksesan film “Get Married”, semakin mengukuh posisinya  sebagai sutradara komedi yang pantas diperhitungkan. Bahkan pada film ini, Hanung berhasil mendapatkan piala citranya yang kedua. Dalam 2 bulan, film ini berhasil mencapai 1,4 juta penonton.Pada perkembangan selanjutnya “Get Married” menghasilkan 5 sekuel, yang kemungkinan besar masih akan berlanjut.Hanung Bramantyo sendiri hanya memegang bagian 1 dan 2 saja. Get Married menceritakan tentang usaha sepasang suami isteri, (Jaja Miharja dan Meriam Bellina ), untuk mencari jodoh bagi anak semata wayangnya, yang bernama Mae(Nirina Zubir). Usaha ini dibantu oleh ketiga sahabat Mae (Aming, Desta, dan Ringo Agus Rahman). Celakanya, Mae sendiri bukanlah karakter yang mudah untuk dicarikan jodohnya.

Kombinasi antara cerita dan karakter, pemain yang tepat membuat film ini sulit untuk dilewatkan begitu saja. Film ini berhasil menyajikan satir tentang pernikahan di masyarakat umum. Ditambah dengan soundtrack yang pas dari slank, yang tadinya merupakan band yang sangat rock n roll, menjadi mendadak dangdut.




DRAKULA MANTU

Ketika tayang pada tahun 1974, film ini tidak terlampau laku di pasaran. Walaupun dibintangi bintang bintang top pada masanya, seperti Benyamin S, Tan Tjeng Bok, Netty Herawati, Pong Harjatmo, dan masih banyak lagi, tetap saja tidak berhasil menarik penonton ke gedung bioskop. Besar kemungkinan, karena ceritanya terlampau sulit pada masa itu. Film yang disutradarai oleh Nyak Abbas Akup ini memang sangat cerdas pada zamannya. Dengan menggunakan elemen supernatural dan horor, Nyak Abbas Akup mengkritik situasi Indonesia pada masa itu. Selain itu film ini adalah merupakan salah satu pelopor film horrori komedi di Indonesia. Dikisahkan, sepasang kekasih (Wahab Adi dan Ritje Maerghareta Gerung, Miss Fotogenic Jakarta 1974) berniat menempati rumah tua warisan orang tua. Mereka meminta  Benyamin S dan Rudy Jamil, yang merupakan warga yang ada di sekitar rumah tersebut, untuk membersihkan dan memperbaiki rumah tersebut. Upaya pembersihan dan perbaikan tidak berlangsung mulus, karena keduanya kerap diganggu oleh hantu hantu yang ada di rumah tersebut. Rupanya poara hantu dirumah itu sedang melakukan hajatan, yaitu acara lamaran dari pangeran Dracula ( Tan Tjeng Bok) yang datang untuk melamar putri hantu untuk putranya (Pong Harjatmo).




COMIC 8

Film ini adalah film terlaris ke dua pada tahun 2014. Karena larisnya, maka dibuatlah  sekuel lagi “Comic 8 : Casino King”, dimana film ini dipecah menjadi dua bagian. Sekuelnya lebih laris lagi dari film pertamanya. 

Film ini mengisahkan tentang delapan anak muda masing-masing mempunyai alasan dan motif yang berbeda-beda dalam melakukan perampokan bank. Ada yang merampok karena galau, hobi, iseng, olahraga adrenalin, bahkan ada yang merampok untuk menghidupi panti asuhan dan rakyat miskin.

Kedelapan perampok tersebut akan terbagi menjadi tiga tim dengan kemampuan dan jam terbang yang berbeda-beda. Aksi pun berkembang dari perampokan yang awalnya terlihat seperti kebetulan yang aneh, terkepung oleh pasukan polisi dengan AKP-nya yang super cantik, sampai akhirnya mereka harus saling bekerja sama dan menemukan jawaban dari teka teki yang ada serta mencari jalan keluar terbaik untuk semua.

Secara cerita, sebenarnya film ini tidaklah terlampau luar biasa. Hanya saja penampilan dari kedelapan komika yang bermain di film ini memang menarik. Bisa dibilang inilah awal mula banyaknya penggunaan stand up sebagai pemain. Walaupun sebelumnya sudah ada, tapi tidak sebesar setelah film ini. Bahkan dua orang dari 8 pemain utama, yaitu Ernest Prakasa dan Kemal Pahlevi berkembang menjadi sutradara. Buat Anggy Umbara, film ini adalah titik balik. Sebagai sutradara, dia mampu memadukan aksi dengan kemampuan komedi dari ke 8 komika tersebut. Inilah film pertama Anggy Umbara yang mencapai lebih dari satu juta penonton.




KEJAR DAKU KAU KUTANGKAP

Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Ramadhan dan Ramona.Ramadan dan Mona bertemu dalam sebuah pertandingan bola voli ketika Ramadan yang wartawan memotret Mona bertanding membela regu bank tempatnya bekerja. Foto Mona dimuat di koran Ramadan sebagai foto rancak berhadiah uang 10.000 rupiah. Mona ditemani Marni, rekan kerja dan teman serumahnya, berencana menuntut Ramadan karena memotret dan memuat foto Mona tanpa izin. Panji Wijaya, atasan Ramadan, memintanya untuk membujuk Mona agar menggagalkan niatnya. Bukan hanya membujuk, Ramadan berhasil merayu hingga Mona jatuh cinta padanya. Mereka akhirnya menikah.Setelah menikah, Mona pindah ke rumah Ramadan. Di sana juga tinggal Markum, paman Ramadan yang membujang meskipun punya sederet filosofi tentang wanita. Konflik mulai timbul ketika perbedaan karakter Ramadan dan Mona perlahan-lahan muncul ke permukaan. Mona bercerita pada Marni sedangkan Ramadan meminta nasihat Markum dan Panji. Campur tangan pihak luar ini justru memperkeruh kesalahpahaman dan memicu pertengkaran hebat hingga Mona keluar rumah Ramadan dan tinggal kembali bersama Marni.

Film ini adalah film terlaris pada tahun 1986. Bagi yang hidup pada era 80 an, tentu tidak akan asing akan film ini. Boleh dibilang ini adalah komedi romantis terbaik di era ini. Dialog yang cerdas, karakter kuat, cerita yang tersusun, dan pemain yang baik membuat banyak adegan lucu dalam film ini tidak terlupakan. Perseteruan antara Ramadhan dan Ramona mengalir secara natural, tanpa bermaksud melucu. Film ini memenangkan skenario terbaik. Penulisnya sendiri, Asrul Sani lebih dikenal sebagai penulis drama. Walaupun bertahun tahun sebelumnya, ia pernah menulis Ateng Mata Keranjang, tapi hasilnya tidak sebaik Kejarlah Daku Kau kutangkap. Sutradara film ini, Chaerul Umam, yang sebelumnya sudah pernah mengerjakan naskah Asrul Sani, berhasil menerjemahkan naskah tersebut dengan sangat baik.




BING SLAMET KOBOI CENGENG

Bing Slamet adalah salah satu seniman yang serba bisa. Ia adalah aset komedi nasional yang terlampau cepat meninggalkan kita. Sama dengan Benyamin, adalah sulit untuk memberi perhatian pada film komedi indonesia, tanpa memberikan perhatian pada film Bing Slamet. Film Bing Slamet Koboi Cengeng adalah film terakhir yang dibintanginya, sebelum wafat pada 17 Desember 1974. Film ini juga merupakan film terlaris dari semua film Bing Slamet.  Tidaklah heran bila film ini berhasil, dalam film ini menyatukan dua talent perfilman nasional yang luar biasa, yaitu Bing Slamet dan Nya Abas Akup. Sebenarnya pemilihan film ini lebih kepada unsur Bing Slametnya. Tapi rupanya film terbaik Bing Slamet digarap oleh bapak film komedi Indonesia ini. Mau tidak mau, untuk kedua kalinya Nya Abbas Akup harus muncul didaftar ini. Dalam film ini Nya Abbas Akup membalikkan pola umum film western, dengan cara memparodikan unsur unsur didalamnya. Kalau dalam film barat, di saloon orang minum wiski, ini minumnya beras kencur, pemilik tanah bicara dengan aksen Batak, para Indian minta sumbangan untuk hajatan sunatan, dan masih banyak lagi. 

Film ini menceriterakan tentang Bing yang menerima surat dari komplotan bandit yang berisi ancaman keselamatan anaknya, Vivi (Vivi Sumanti). Kemudian ia mengadakan kontrak kerjasama dengan Eddy Sud si jago tembak, dan Bing juga berlatih menggunakan pistol. Vivi ternyata benar-benar diculik. Sherif Ateng lalu mengerahkan warga kota dan memaksa Bing agar tak membayar tebusan. Akhirnya terungkap bahwa otak penculikan itu ternyata Eddy Sud sendiri, Vivi berhasil dibebaskan, Eddy duel dengan Bing dan kemenangan pada Bing.




CINTAKU DI RUMAH SUSUN

Film ini adalah puncak karya dari Nya Abbas Akub, si tukang ejek nomor wahid. Setelah film ini, dia masih membuat dua film lagi, tapi tidak sebaik film ini. Film ini jugalah yang menaikkan pamor kadir dan doyok. Peran kadir dalam film ini sangat tepat. Sulit melupakan karakternya, sebagai kepala penjahat yang beretnis madura.Film ini mengisahkan tentang suasana di sebuah rumah susun. Film ini dibintangi oleh bintang bintang besar pada zamannya, seperti Dedy Mizwar, eva arnaz,Tuti Indra Malaon, Rima Melati, dan masih banyak lagi




PINTAR PINTAR BODOH

Dengan perolehan penonton sebanyak 474,000, film Pintar Pintar Bodoh menjadi film terlaris pertama di Jakarta. Film arahan Arizal ini berhasil memperoleh piala Antemas, dan dinobatkan sebagai film terlaris versi MURI. Berbeda dengan film film sebelumnya, kali ini Dono, Kasino, Indro mempergunakan nama aslinya. Film ini mengisahkan tentang empat orang sekawan, yaitu, Dono, Kasino, Indro, dan Dorman Borisman yang berniat mendirikan sebuah kantor detektif. Pada saat menjalankan kantor tersebut, terjadi kesalahpahaman, sehingga mereka pecah kongsi. Lalu merekapun bersaing untuk menjadi detektif terbaik. Dalam film ini, porsi kritik sosial dari warkop semakin sedikit.Tapi sebagai sebuah film cukup lucu. Sebagaimana kita ketahui, warkop adalah salah satu pengusung komedi slapstik. Hal tersebut sudah pernah mereka lakukan sebelum film ini. Tapi dalam film ini porsinya semakin besar. Banyak komedi indonesia berikutnya yang mengikuti gaya mereka. Momen kelucuan yang  ikonik dalam film ini adalah ketika Dono memparodikan gaya John Travolta di Saturday Night Live dan Kasino yang menyanyikan lagu kode. Momen kasino ini diulang lagi dalam warkop reborn.




NAGABONAR

Boleh dibilang tidak ada penggemar film nasional yang tidak mengenal Nagabonar. Pencopet yang menjadi pahlawan. Dia adalah tokoh rekaan yang paling dikenal. Nagabonar sebenarnya hanyalah pemuda biasa yang memiliki kemampuan mencopet. Tapi pada perkembangan selanjutnya, ia menjadi pahlawan sejati . Film ini merupakan satir dari perang kemerdekaan. Sebelum nagabonar, semua film perjuangan digambarkan dengan serius. Sudah 4 orang yang memerankan Nagabonar, tetapi yang paling berhasil adalah Deddy Mizwar, yang memerankan tokoh ini di dua film. Pada film pertama yang release tahun 1987 dan nabonar ke 2 yang rilis 2007. Pernah dibuat versi sinetronnya dengan pemain Sandy Nayoan dan Mathias Muchus. Gading Martin memerankan nagabonar pada versi nagabonar reborn. Sayangnya perannya hanyalah hasil imitasi dari Deddy Mizwar, yang walupun tidak terlampau jelek tapi tetap tidak orisinil. Diantara sekian banyak versi, tetaplah yang paling dicari orang adalah yang versi pertama. Bahkan versi pertama pernah direlease ulang, versi audio yang didubb. Film Nagabonar memberikan penafsiran ulang akan arti pahlawan pada perang kemerdekaan. Disini digambarkan bagaimana penjahatpun bisa jadi pahlawan.

0 Comments
Leave your comment
Membalas

Submit Comment